PWI, IJTI, TNI dan BPBD Deliserdang Bagikan Ribuan Masker Cegah ISPA

oleh -89 views
Kepala BPBD Kab. Deliserdang, Z.A Hutagalung, Danramil 06/Lubukpakam Kapten JP Girsang Ketua PWI Deliserdang Khairul Hizad Sembiring didampingi Ketua IJTI Regional Deliserdang- Serdang Bedagai-Tebing Zufri Hafis saat memberikan masker gratis kepada masyarakat.(M. Habil Syah/SI).

DELI SERDANG, Rabu (25/09/2019) suaraindonesia-news.com – Ribuan masker dibagikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Deliserdang dan Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Regional Deliserdang-Tebing Tinggi bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta dibantu personil Koramil 06/Lubuk Pakam, Kodim 0204/DS, kepada masyarakat luas, pengendara motor dan juga para pelajar di Kabupaten Deli Serdang, Rabu (25/09).

Kepala BPBD Deliserdang Drs.Zainal Abidin Hutagalung mengatakan dampak kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau, Jambi dan Sumatera Selatan dalam sepekan terakhir cukup pekat menutupi kawasan Kabupaten Deliserdang sekitarnya, oleh sebab itu kepada masyarakat yang beraktivitas diluar rumah harus menggunakan masker untuk mencegah penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Maka sebagai bentuk antisipasi menjaga kesehatan masyarakat pihaknya bersama Danramil Lubuk Pakam Kapten Girsang, Ketua PWI Deliserdang Khairul Hizad Sembiring S.Ag, Ketua IJTI Deliserdang -Sergai dan Tebing Tinggi Zufri Hafis ,Personel Koramil Lubuk Pakam, Personil BPBD, pegawai kecamatan lubuk Pakam, dan sejumlah awak media cetak, online serta elektronik membagikan langsung turun ke jalan masker gratis dipersimpangan Jalan MH.Thamrin dan Diponegoro Lubuk Pakam.

Pembagian masker pada pengendara motor terutama anak sekolah dan masyarakat disambut antusias oleh masyarakat yg melintas di persimpangan jalan tersebut.

Menurut Kepala BPBD Deliserdang Zainal Abidin Hutagalung, pembagian masker pada masyarakat antisipasi agar masyarakat tidak terkena dampak penyakit gangguan saluran pernafasan dari Karhutla yang sedang terjadi, setiap Kecamatan terutama Puskesmas untuk memberikan penanganan pada masyarakat yang terjangkit penyakit ISPA akibat gangguan asap, pihak puskesmas langsung berkoordinasi dengan Rumah Sakit Umum Kabupaten Deliserdang.

“Saat ini kondisi udara belum baik, kami himbau agar masyarakat dapat mengurangi aktivitas diluar rumah hingga kondisi udara kembali normal, dan kegiatan pembagian masker ini akan kita lakukan berkelanjutan melihat kondisi dilapangan, BPBD Deliserdang selalu siaga untuk membantu masyarakat terdampak,” ujar Zainal Abidin Hutagalung.

Ada tiga titik jalanan umum menjadi tempat pembagian masker untuk mencegah paparan asap yang dapat mengganggu kesehatan diantaranya Simpang pasar satu, Jalan MH.Thamrin, jalan Diponegoro Lubuk Pakam, Jalan imam Bonjol Lubuk Pakam dan Sekolah Dasar Negeri percontohan Lubuk Pakam.

Sementara itu Danramil Lubuk Pakam Kapten JP Girsang, mengatakan kegiatan ini merupakan peranserta Koramil Lubuk Pakam dalam menjaga kesehatan masyarakat ,sekaligus menjelang HUT TNI ke 74 ini Kami Koramil Lubuk Pakam jajaran Kodim 0204 DS semakin menggiatkan kegiatan kegiatan sosial pada masyarakat.

“Terlebih lagi saat ini dampak kabut asap masih menggangu kesehatan masyarakat kami menghimbau agar masyarakat menjaga kesehatan dan mengurangi aktivitas diluar rumah,” pintanya.

Ketua PWI Deliserdang Khairul Hizad Sembiring S.Ag didampingi Ketua IJTI Regional Deliserdang- Serdang Bedagai-Tebing Zufri Hafis, menyambut baik dan mengapresiasi Pemkab DS khususnya BPBD dalam kegiatan sosial tersebut. Ditambahkan Hizad Sapaan Ketua PWI DS kegiatan sosial lainnya sangat diharapkan kedepan semakin ditingkatkan lebih banyak lagi kerja sama antara pihak Pemerintah Kabupaten, TNI dan juga Organisasi Profesi Wartawan PWI dan IJTI.

Kegiatan sosial dilakukan dalam tempo dua jam dua ribuan masker habis dibagikan kepada masyarakat.

Reporter : M. Habil Syah
Editor : Amin
Publisher : Marisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *