Pusat Batu Akik Kota Batu Ada Di BTC

oleh -160 views
Salah satu stand batu akik di BTC

Suara Indonesia-News.Com, Kota Batu – Demam batu akik merambah semua lapisan, termasuk di wilayah Kota Wisata Batu. Untuk mewadahi para penggila batu, salah satu pusat kuliner di kota ini, Batu Tourism Centre (BTC) Jalan Kartini Kota dijadikan pusat penjualan batu akik. Di tempat tersebut tidak hanya menyediakan batu yang sudah dipoles saja, melainkan melayani bahan mentah sampai menjadi batu siap dipakai.

Salah satu penjual batu akik, Herman mengaku awalnya tidak begitu tertarik dengan batu akik. Namun, melihat banyaknya orang yang mulai menggilai batu akik, iapun juga menjual batu ini.

“Saya awalnya hanya menjual pakaian saja di pasar Batu dan BTC. Tetapi melihat perkembangan batu akik menjadi ikut berdagang pula. Lebih-lebih, ketika pulang ke kampung halaman yaitu Jambi, dititipi saudara batu akik. Ternyata setelah dibawa ke Kota Batu banyak yang tertarik, jadinya ya terjun langsung ke batu akik,” kata Herman yang memiliki stand batu akik berikut pemolesan ini, kemarin.

Diakui oleh para penjual, transaksi batu akik di Kota Batu belakangan ini naik signifikan. Masyarakat yang selama ini tak begitu tertarik dengan batu, belakangan ini ikut-ikutan menjajal memakai akik. Sehingga, permintaan atas batu akik melonjak.

Seperti diungkapkan Herman, omzet penjualannya mengalami peningkatan seiring munculnya demam batu akik beberapa minggu ini.

“Paling tidak, omzet sehari saat ini antara Rp 100.000 hingga Rp 1 juta. Saya juga berencana membuka beberapa outlet batu akik,” ujar pemilik outlet star Gemstone ini.

Kendati masih baru, dia mengakui penjualan batu akik di Kota Batu akan lebih  bergairah. Herman juga bersyukur ada orang seperti pemilik BTC ini  mempunyai inisiatif mendirikan bursa batu akik, sehingga transaksi bisa dilakukan dengan mudah. Tak hanya antara penjual dan pembeli, namun juga sesama penjual.

Herman merupakan penjual bongkahan hingga pelayanan polesan. Hal itu dilakukan setelah dia melakukan survei, dan terlihat bahwa kebanyakan pembeli lebih suka bongkahan.

“Mereka bisa membuatnya sesuai selera, Berbeda jika batunya sudah jadi, harganya bisa lebih tinggi,” ungkapnya.

Salah satu penggemar batu akik Kota Batu, Yudi,  mengungkapkan berdirinya bursa batu di BTC Kota Batu membawa angin segar bagi penggemar batu akik. Sehingga tidak jauh-jauh ke Malang atau daerah lain.

” penggemar batu akik  di Kota Batu tidak perlu ke Aceh jika kepingin batu permata atau akik jenis Aceh, demikian juga dengan batu Kalimantan dan batu lainnya bahkan  seluruh Nusantara. Kini setelah ada di BTC setiap waktu selalu ada,” pungkasnya.

Pantauan dilapangan, batu akik yang tersedia di kawasan itu mulai batu giok aceh, panca warna serta batu yaman. Bongkahan-bongkahan batu akik juga banyak yang menjual. Untuk mengubah bongkahan batu hingga bisa terlihat bagus atau dipoles setidaknya butuh biaya sekitar Rp 35 ribu. Tidak jarang pula ditempat itu terjadi transaksi batu akik atau hanya sekedar menukar batu dan hanya sekedar cuci mata saja. (Kurniawan).

One thought on “Pusat Batu Akik Kota Batu Ada Di BTC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *