Puluhan Calon Anggota KWRI Jember Siap Dukung Uji Kompetensi

oleh -30 Dilihat

Jember, suaraindonesia-news.com – Keinginan puluhan calon anggota Komite Wartawan Reformasi,(KWRI) Cabang Jember untuk menyongsong diberlakukannya Standar Kompetensi Wartawan ( SKW ) patut diacungi jempol. Mereka, meminta Pengurus DPD KWRI Jawa Timur segera menangkap keinginan itu, hal tersebut disampaikan Erik, 54. salah seorang wartawan senior Jember.

Apa yang disampaikan Erick tampaknya bukan hanya bualan kosong, namun  fakta yang harus diperhatikan. Selanjutnya, Erick , yang diera tahun delapan puluhan eksis di harian Jawa Pos tersebut berharap, KWRI baik DPC – DPC  maupun DPD hendaknya menindak lanjuti keinginan calon anggota tersebut.

Dalam diskusi bulanan yang digelar salah satu Tabloid Lokal di Jember, pada Mnggu (24/11) lalu diketahui sedikitnya 35 orang calon anggota KWRI DPC Jember menunggu langkah kongkrit pengurus DPC KWRI Jember. Mereka mendukung langkah-langkah yang telah diambil oleh Dewan Pers dalam meningkatkan kualitas wartawan. Mereka berharap, DPC segera mengambil langkah cepat dengan melakukan pendaftaran sekaligus melakukan pendataan secara resmi.

Ditempat yang sama, Gangsar Widodo, Koordinator Forum Komunikasi Wartawan Jember menganggap keinginan dari koleganya itu wajar-awajar saja. memang, lanjut dia, sejak era reformasi hingga sekarang jumlah wartawan berkembang sangat drastis, namun tidak diikuti dengan kualitas sumber dayam manuisia yang memadai Dia mencontohkan, dulu sebelum era reformasi, jumlah wrtawan di jember bisa dihitung dengan jari.dengan kualitas yang cukup bagus, sehingga wartawan punya posisi tawar yang kuat, namun saat ini, dari data bagian humas pemkab jember, jumlah wartawan sudah mendekati 400 orang, itu belum kalau menjelang lebaran , jumlahnya bisa menjadi dua kali lipat. sementara kualitas sumber daya manusia yang ada belum bisa dikatagorikan bagus, karena dirinya pernah mendapati ada oknum mengaku wartawan dan “ditakuti” pejabat, ternyata hanya jebolan Sekolah Dasar.

Dia berharap, keinginan kawan-kawannya  segera digelar uji kompetensi di Jember perlu mendapat perhatian asosiasi wartawan yang ada, baik itu PWI, AJI, KWRI maupun asosiasi wartawan lainnya. ” ya ini sebenarnya hal sangat positif, dimana wartawan yang justru berkeinginan untuk di uji kompetensi, tinggal bagai mana asosiasi menangkap dan memfasilitasinya” ujarnya.

Reporter : Sut/Sar

Tinggalkan Balasan