Pulau Nias Dilanda Angin Kencang, PT PLN UP3 Nias Lakukan Recovery Suplai Tenaga Listrik

oleh -49 views
Petugas PLN saat melakukan perbaikan di berbagai lokasi.

GUNUNGSITOLI, Sabtu (3/4/2021) suaraindonesia-news.com – Cuaca ekstrim yang melanda wilayah Kepulauan Nias beberapa pekan terakhir mengakibatkan banyaknya jaringan listrik rusak berat.

Sesuai informasi dari BMKG Gunungsitoli, cuaca ekstrim ini merupakan Fenomena La Nina yang biasanya berlangsung aktif hingga 1 bulan, angin kencang disertai hujan akan berlangsung hingga dua Minggu kedepan. Ketika La Nina sudah tidak aktif maka kondisi cuaca mulai normal kembali dimana intensitas hujan bisa seminggu sekali, namun memang kondisi cuaca tetap dipengaruhi oleh faktor lokal.

Berikut penjelasan Manager Bagian Keuangan SDM dan Adm PLN Nias, Cosinus Pane terkait jaringan listrik yang terkena imbas cuaca ini, yakni :

1. FK01
Pohon tumbang menimpa HUTM, konstruksi C1. HUTM putus 1 phs (Main Feeder). Konstruksi aman. Lokasi : Jalan arah Nias Tengah dekat Salak Madu, mengakibatkan suplai tenaga listrik ke Nias Tengah dan Nias Barat terputus.

2. GS03 & GS07
Pohon kelapa tumbang menimpa HUTM, konstruksi C1 Double Net (Main Feeder). Konstruksi rusak. Lokasi di Bouse GunungSitoli Utara, mengakibatkan suplai tenaga listrik ke Gunungsitoli Utara dan Kabupaten Nias Utara terputus.

3. GS07
Pohon Jati Tumbang menimpa HUTM. Konstruksi C1 dan C8 miring (Sublat Namohalu). Mengakibatkan Kecamatan Namohalu, Nias Utara padam.

4. GS06
Pohon bambu tumbang menimpa HUTM konstruksi C1 di Lateral Iranolase. Konstruksi aman. Lokasi dan mengajibatkan : Desa Iranolase padam.

5. GS02
Pohon karet tumbang menimpa HUTM konstruksi C1 di Lateral Togindrawa. Konstruksi aman. Lokasi : Desa Togindrawa dan pohon karet tumbang menimpa HUTM konstruksi C1 di Lateral Simpang Dara Lokasi : Desa Silimabanua. Mengakibatkan jalur dari gunungsitoli barat ke alasa terputus.

6. Pusat pembangkit listrik tenaga diesel pulau hibala rusak parah mengakibatkan suplay tenaga listrik di pulau hibala padam total.

Hingga saat ini PLN UP3 Nias masih berusaha untuk memperbaiki titik -titik gangguan dengan menambah tim sebanyak 27 tim di seluruh Pulau Nias dan Pulau – Pulau terluar.

Cosinu berharap agar cuaca extrim ini cepat berlalu karena sangat berbahaya yang mengakibatkan banyaknya jaringan listrik yang rusak sembari memaksimalkan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Reporter : Topan
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *