PUDAM Trunojoyo Sampang Lakukan Penyisiran Sambungan Air Sampai Pelosok Desa

oleh -78 views
FOTO : Tim gabungan PUDAM Trunojoyo Sampang, melakukan penyisiran dan penertiban sambungan air hingga pelosok desa. Tampak petugas bag Tekhnik memperbaiki meteran air yang mati. (FT/Nor/SI)

SAMPANG, Selasa (25/6) suaraindonesia-news.com – Tim gabungan dari Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Trunojoyo Sampang, melakukan penyisiran dan penertiban sambungan air hingga pelosok desa.

Tim gabungan itu terdiri dari, Bagian Hubungan Antar Pelanggan (Hublang), Bagian Tekhnis, Satuan Pengawas Intern (SPI), Tim Operasi Sambungan Ilegal (Opsil) dan Kepala Sub Unit Sogian. Mereka melakukan penyisiran dan penertiban sambungan air hingga pelosok dusun atau kampung.

Tujuan kegiatan ini, untuk menertibkan pelanggan dan memastikan pendistribusian air sampai ke ujung pelayanan diterima dengan baik dan maksimal.

“Juga, menjaga jika ada pelanggan yang nakal (konek sebelum meteran dengan merusaknya agar tidak berputar). Serta, menekan tingkat kehilangan air (NRW),” jelas Kabid Hublang Moch. Ma’ruf, pada media ini.

Dijelaskan, penyisiran dan penertiban sambungan air ini meliputi Desa Baruh Kecamatan Sampang dan Desa Astapah Kecamatan Omben. Dalam satu hari, tim gabungan PUDAM Trunojoyo Sampang, menyisir dua desa di dua kecamatan.

Baca Juga: Pj Bupati Sampang Tanda Tangani Pengesahan Raperda Pertanggung Jawaban APBD TA 2023

Pantauan media ini yang mengikuti penyisiran di Desa Astapah Kampung Karang Nangger Kecamatan Omben, Sampang, tim gabungan menemukan meteran air mati tidak berputar tapi airnya hidup, saat di cek melalui kran kamar mandi.

“Setelah dilakukan pembongkaran meteran oleh Bagian Tekhnis, ditemukan kawat besi yang di masukkan kedalam meteran. Sehingga, meteran mati tidak berputar tapi airnya tetap hidup,” ungkapnya.

Setelah diperbaiki dengan mengambil kawat besi yang ada di dalamnya, meteran itu langsung normal dan berputar. Pada tahap awal, tim gabungan tidak memberi sangsi hanya memberi peringatan agar tidak diulangi lagi. Jika dilakukan kembali, akan diberi tindakan tegas dengan pemutusan sambungan air.

“Peringatan tegas ini kami lakukan agar pelanggan air tidak mengulangi kembali merusak meteran dan perbuatannya merugikan PUDAM Trunojoyo Sampang,” tegasnya.

Reporter: Nora
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan