Psikotes Tak Pengaruhi Jumlah Pemohon SIM di Jember

oleh -46 views
Kanit Regident Satlantas Polres Jember Iptu Agnis J Manurung. (Foto: Guntur Rahmatullah).

JEMBER, Rabu (4/3/2020) suaraindonesia-news.com – Pemerintah resmi memberlakukan tes psikologi sebagai syarat tambahan untuk permohonan SIM baru maupun perpanjangan, sejak 16 Desember 2019 lalu.

Tes psikologi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konsentrasi, kecermatan, dan pengendalian diri di jalan raya.

Adanya peraturan ini otomatis menambah panjangnya proses untuk mendapatkan SIM.

Ada ujian teori, ujian praktik dan tes psikologi.

Lalu bagaimana pengaruh tes psikologi terhadap minat warga dalam mengurusi SIM ?

Kanit Regident Satlantas Polres Jember Iptu Agnis J Manurung menjelaskan, adanya tambahan berupa tes psikologi tidak mempengaruhi minat masyarakat Jember untuk mengurus SIM.

“Jumlah pemohon sama saja, tidak ada perubahan yang signifikan. Volumenya tetap misal seperti awal bulan atau menjelang libur itu jumlah pemohon meningkat,” jelas Iptu Agnis, Rabu (4/3).

Dia juga mengatakan bahwa ujian yang paling mempengaruhi tingkat kelulusan adalah ujian praktik.

“Untuk tingkat kelulusan, yang paling mempengaruhi adalah ujian praktik (keterampilan), kalau untuk tes psikologi kan bagaimana tingkat emosi kita, kalau keterampilan kan memang benar-benar mereka sudah mahir atau tidak. Meski demikian ujian lainnya juga penting,” paparnya.

Selain itu, Agnis juga membeberkan data statistik jumlah pemohon SIM baru dan perpanjangan dalam kurun waktu setahun terakhir.

“Kalau rata-rata bulan Januari-Maret, itu tidak seramai seperti bulan Juni-Desember. Kalau untuk tanggal 1-15 setiap bulannya itu rata-rata sehari itu jumlah pemohon baru dan perpanjangan antara 200-225, namun tanggal 16 ke atas itu jumlahnya menurun, seharinya antara 100-150,” urainya.

Jumlah tersebut dipengaruhi oleh kondisi ekonomi masyarakat dimana pada awal bulan sedang gajian, dan akhir bulan sedang penghematan.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *