Prosesi Hari Jadi Sumenep Ke-747 Berlangsung Meriah dan Khidmat

Menteri Sosial (Mensos) RI, Khafifah Indar Parawansah, Saat memukul gong tanda dibukanya Prosesi Hari Jadi Sumenep Ke-747, Minggu (30/10/2016).

Sumenep, Minggu 30/10/2016 (suaraindonesia-news.com) – Prosesi hari jadi ke-747 Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang dibuka langsung oleh Menteri Sosial (Mensos) RI, Khafifah Indar Parawansah, di depan Masjid Jamik setempat, Minggu (30/10/2016). Pukul 08.52, berlangsung cukup meriah.

Ribuan peserta, tamu undangan, dan masyarakat umum memadati jantung kota Sumenep, terutama dibareal taman adipura.

Dalam kesempatan ini, Mensos RI, Khofifah Indar Parawansah mendapatkan kesempatan istimewa membuka prosesi pentas budaya dalam kirab hari jadi Kabupaten Sumenep ke-747.

200 Penari "Muang Sangkal"
200 Penari “Muang Sangkal”

“Di hari jadi ke-747 Sumenep ini, semoga pemerintah Sumenep bisa meningkatkan taraf kesejahteraan rakyatnya,” ujar Khafifah Indar Parawansah sebelum membuka prosesi hari jadi Sumenep.

Pembukaan prosesi hari jadi Sumenep ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Menteri Sosial didampingi Bupati Sumenep, A Busyro Karim.

“Mari bersama-sama berhidmat memperingati hari jadi Sumenep ke-747 ini, semoga Sumenep tambah maju dalam segala bidang,” ucapnya.

Ia berharap, kekayaan alam dan sejumlah tempat wisata yang menjadi cagar budaya di Sumenep hendaknya terus dijaga dan dilestarikan.

“Sumenep banyak memiliki tempat wisata yang sangat bagus dan berpotensi untuk dikembangkan dan jika benar-benar diseriusi pasti akan tercapai,” tegasnya.

Peserta Pawai Dari Kota Batu
Peserta Pawai Dari Kota Batu

Ia mencontohkan, seperti pulau Giliyang, yang merupakan pulau dengan kadar oksigen terbaik ke-2 di dunia setelah Yordania! karena kondisi alamnya yang begitu baik inilah menjadi salah satu faktor banyak penduduk yang berusia lebih dari 100 tahun.

“Pulau giliiyang sudah dikenal di seluruh dunia, dari itu perlu dijaga oleh kita semua termasuk dari semua pengunjung,” terangnya.

Sementara, Bupati Sumenep KH. A. Busyro Karim mengatakan, pelaksanaan hari jadi tahun ini sengaja dipersiapkan lebih meriah dari tahun sebelumnya.

“Sumenep yang memiliki jargon The soul of Madura merupakan bukti bahwa ujung timur pulau Madura ini sangat menghargai budaya, termasuk mempertahankan cagar budaya yang telah ada,” kata A Busyro Karim dalam sambutannya.

Menurut orang nomer satu dilingkungan Pemkab Sumenep ini, Pemkab Sumenep menargetkan jumlah pengunjung ditahun 2018 bisa tembus diangka 1 juta wisatawan.

“Kami sangat optimis target tersebut akan tercapai di tahun 2018 nanti,” jarnya.

Menurutnya, pengambilan tema “Bangun Desa Nata Kota” itu merupan salah satu bentuk keseriusan pemerintah Sumenep untuk membangun seluruh Desa dan Menata Kota untuk lebih bagus dan indah.

“Tema ini untuk memperkokoh kebersamaan masyarakat Sumenep untuk bersama-sama memangun Desa dan menata Kota,” tandasnya.

Jajaran Muspida dan Undangan
Jajaran Muspida dan Undangan

Sementara Sofiyanto, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumenep. Mengatakan, Jumlah penari “Muang Sakal” sebanyak 200 orang, sedang pemeran prosesi keseluruhan dengan pasukan penari 125 orang dan pemain drama musikal keseluruhan 75 orang, sehingga berjumlah 400 orang tidak termasuk pengrawit dan pemain musik etnis berjumlah 45 orang.

“Semoga prosesi hari jadi Sumenep yang ke 747 kali ini bisa menjadi event promosi untuk pengembangan pariwisata Sumenep ke depan yang didukung oleh semua pihak yang ada di kabupaten Sumenep”. Ujarnya.

Dalam kesempatan ini, panitia mempersembahkan beberapa aksi. Di antaranya, Tari “Muang Sangkal” dengan melibatkan 200 pelajar and tari pangestoh, sebagai lambang penghormatan terhadap pangeran Arya Wiraraja.

Dalam prosesi hari jadi ini dihadiri oleh sejumlah pejabat di Sumenep dan tiga Bupati di Madura, Bangkalan, Sampang dan Pamekasan. Selain itu, ratusan wisatawan manca negara juga ikut menyaksikan prosesi hari jadi Sumenep. Serta dua perwakilan Kabupaten Di Jawa Timur yakni Kota Batu dan Lumajang juga Tampak hadir memeriahkan prosesi hari jadi. (Zaini)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here