Progres Pencairan DD Masih Minim, DPMG Aceh Timur Dinilai Terlalu Lelet dan Berbelit-Belit

oleh -1.052 views
Foto Tabel progres percepatan penyaluran DD tahun 2021.

ACEH TIMUR, Selasa (20/04/2021) suaraindonesia-news.com – Pertengahan bulan April tahun 2021, progres pencairan Dana Desa(DD) di Kabupaten Aceh Timur masih minus, Sementara masyarakat saat ini sedang menunggu pencairan Dana BLT untuk kebutuhan bulan ramadhan.

Dari data yang diperoleh media ini per 19 April kemarin Kabupaten Aceh Timur dari 513 Desa baru 29 Desa yang sudah cair DD tahap pertama.

Salah satu penyebabnya adalah keterlambatan pencairan DD menurut informasi yang berkembang disebabkan amburadulnya management Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong(DPMG) Kabupaten Aceh Timur, seperti kekurangan personil, akibatnya para operator desa harus menunggu berjam-jam dan ada yang harus pulang dan balik kembali keesokan harinya. kata salah seorang operator desa yang minta namanya dirahasiakan.

“Disamping kekurangan personil, ditambah birokrasi yang berbelit-belit dan lelet sehingga menyebkan proses lamban nya pencairan DD, padahal di Desa yang sedang di tunggu-tunggu oleh masyarakat,” terangnya.

“Kita sangat kecewa dengan kinerja di DPMG khusus nya diruang pemeriksaan berkas,” imbuhnya.

Kabid ADG DPMG Aceh Timur Bustami, saat dikonfirmasi Media ini mengatakan, jika pihak Desa yang mengajukan sudah sesuai Permendagri nomor 18 tahun 2020 seperti mengisi data di aplikasi Siskeudes dan penyesuaian sisa dana tahun 2020 dengan buku rekening di bank, tidak ada yang dipersulitkan.

“Jika tidak berkas yang diajukan tidak memenuhi sesuai dengan permendagri apakah kami yang dianggap berbelit-berbelit,” ujar Bustami.

“Jika ingin lebih jelas bang bisa ditanyakan langsung sama pak kadis,” ujar Bustami.

Reporter : Masri
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *