Program Bantuan Usaha Masyarakat Bukan Sedekah

oleh -161 views
Drs.Marzuki Hamid,MM

Langsa, Suara Indonesia-News.Com – Wakil Walikota Drs. Marzuki Hamid,MM, menegaskan, program bantuan kelompok usaha bersama (Kube) merupakan bukan bantuan sedekah.

Namun, bantuan ini harus dimanfaatkan/dipergunakan untuk kegiatan produktif, agar kelompok usaha masyarakat bisa terbantu dalam menjalankan usahanya dengan baik dari modal yang telah diterima.

“Itu bukan bantuan sedekah tapi bantuan untuk kegiatan yang usaha kelompok masyarakat yang disebut Kube,”tegas Marzuki Hamid, pada acara pelatihan bimbingan teknis dan sosial penerima bantuan Kube di Aula kantor Kecamtan Langsa Timur, Provinsi Aceh, Sabtu, (20/9).

Diakuinya, selama ini masyarakat kerap sekali menuding semua program yang dikucurkan pemerintah itu gagal.Jadi, dengan program Kube ini diharapkan dapat di buktikan kalau pemerintah tidak seperti itu dalam setiap kegiatan programnya.

“Buktikan tudingan itu tidak benar sama sekali. Karena bantuan yang diberikan pemerintah agar dapat dimanfaatkan atau dipergunakan sebenar-benarnya dan dijaga dengan baik, kalau memang diperuntukkan untuk hal-hal yang produktif, maka digunakan untuk hal tersebut, bukan habis untuk yang tidak bermanfaat dan ini semua untuk peningkatan ekonomi masyarakat terutama di tingkat gampong/desa,”ujarnya.

Untuk itu, bila program Kube ini berjalan dengan baik, maka kita sangat yakin masyarakat miskin akan sangat terbantu dalam mengembangkan usaha produktifnya dan pada akhirnya akan meningkatkan ekonomi serta mewujudkan kesejahteraannya sendiri.

Jadi, dengan adanya bantuan dana dari program Kube, agar dapat dijaga amanah yang sudah dipercayakan kepada setiap kelompok usaha, dan dapat menjalankannya sesuai perintah  yang telah ditetapkan dalam juknisnya.

Diharapkan, dengan adanya program Kube masyarakat kelompok yang menerima bantuan dana tersebut di wilayah Kecamatan Langsa Timur dan Langsa Barat, dapat menjadikannya sebagai modal untuk kegiatan produktif demi kelangsungan hidupnya dalam bidang ekonomi dan kesejahteraannya.

Penanggung jawab program Kube, Safwan, mengatakan penerima bantuan Kube ini diberikan kepada 20 kelompok  yang terdiri dari  wilayah Kecamatan Langsa Timur dan Kecamatan Langsa Barat, masing-masing sebanyak sepuluh kelompok dengan setiap kelompok beranggotakan sepuluh orang.

Sedangkan, jumlah bantuan per kelompok sebesar Rp20 juta.Adapun jenis usaha kelompok ini antara lain yakni buat kue, terasi, ikan asin, tambak dan palawija.(Kontributor Langsa-Aceh:Rusdi Hanafiah).

Wakil Walikota Drs.Marzuki Hamid,MM, saat memberikan arahan pada acara pelatihan bimbingan teknis dan sosial penerima bantuan Kube di Aula Kantor Camat Langsa Timur, Sabtu,(20/9).

Reporter : Rusdi Hanafiah.

Tinggalkan Balasan