Potensi Desa Paliat Memiliki Nilai Daya Tawar Yang Layak Dikembangkan

oleh -379 views
Stand Pameran Pembangunan Desa Paliat

Suara Indonesia-News.Com, Sumenep – Dalam  Pameran budaya dan seni komunitas Same (suku Bajoe) sebagai rangkaian  kunjungan kerja (kunker) Bupati Sumenep Dr.KH. A. Busyro Karim, M.Si di pulau sapeken, berbagai Produk unggulan dan potensi   Desa se- kecamatan sapeken digelar secara terbuka dilapangan bola stadion Gelora Abu Hurairah sapeken.

Desa paleat dikenal sebagai pengrajin  mebel yang memiliki keunikan tersendiri,  dalam pameran kali ini hasil trampil tangan warga digelar, Bupati merasa kagum dengan keunikan berbagai ketrampilan dari beragam Aksesoris yang menarik  yang ditawarkan mulai dari kursi makan, tempat air, asbak dan bahkan tempat bolpen, gelang dan masi banyak sovenir yang ditampilkan, semua produk terbuat dari kayu jati asli yang memiliki kwalitas tinggi yang bernilai ekspor.

“Tujuan kami datang untuk melihat langsung potensi lokal dan sejumlah karya dan produk tangan trampil masyarakat kepulauan,” terang Busyro karim melihat langsung dilokasi stand pameran desa paliat.

Camat Sapeken Muhamad Sahlan,SP.M.Si, saat mendampingi mantan ketua DPRD itu dalam melihat lansung Pameran menuturkan, Desa paleat memang memiliki lahan jati yang luas dan jenisnya berkwalitas.

“Ini merupakan potensi dan aset Desa paliat yang harus dikembangkan,”kata Muhammad Sahlan

Ia menambahkan, bahkan Desa paliat memiliki Obyek wisata yang tak kalah menariknya dengan wisata yang lain seperti taman pemandian yang sumbernya dari mata air yang tak pernah kering walau dimusim kemarau,wisata pemandian ini dikenal dengan BOE Tanjung (air yang terletak diujung tebing yang mengalir sampai ketepian pantai laut) airnya bening, jernih dan tawar, sayang keindahan kawasan ini dibiarkan begitu saja tanpa ada yang merawatnya, jelas sahlan panggilan akrab camat sapeken.

Mata air yang berusia ratusan tahun itu sampai sekarang dipercaya oleh warga sekitar secara turun temurun bahwa air tersebut mampu menyembuhkan berbagai penyakit, kalau sumberdaya alam (SDA) dengan semua potensi yang ada didalamnya dapat dikelola dengan baik dan Pemerintah Daerah serius memberdayakan, maka pasti akan menjadi sumber perekonomian untuk meningkatkan kesejateraan warga masyarakat Desa paliat khusunya.

Sementara Kepala Desa Paliat Samarudin meminta kepada Pemerintah Daerah agar potensi yang terdapat dipulaunya dapat diberdayakan agar bisa menambah konstribusi bagi Pendapatan Asli Daerah(PAD).

“Kami siap menerima Insvestor dari luar demi kemajuan pembangunan dipulau kami,”pintanya”.(Sur).

Tinggalkan Balasan