Polresta Bogor Kota Jamin Keamanan Pelaksanaan Puasa Ramadhan

oleh -209 Dilihat
Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro (tengah) saat acara pemusnahan barang bukti hasil ops pekat dalam rangka cipta kondisi menyambut bulan suci ramadhan 1443 H di alun-alun Kota Bogor

KOTA BOGOR, Jumat (01/04/2022) suaraindonesia-news.com – Jelang bulan Ramadan, Polresta Bogor Kota persiapkan dan laksanakan sejumlah agenda demi keamanan dan kenyamanan warga saat melaksanakan ibadah puasa, yang diprediksi dimulai antara 2 atau 3 April yang akan datang.

Hal tersebut disampaikan Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, saat acara pemusnahan barang bukti hasil ops pekat dalam rangka cipta kondisi menyambut bulan suci ramadhan 1443 H di alun-alun Kota Bogor, Jumat (01/04/2022).

Kombes Pol Susatyo mengatakan, selain genjot vaksinasi Covid-19, penerapan protokol kesehatan (Prokes), pihaknya juga menyiapkan pengamanan tempat-tempat vital, utamanya masjid tempat melaksanakan ibadah salat Tarawih nantinya.

“Kita kejar target vaksinasi booster kita. Mengingat saat ini pemerintah membolehkan mudik, namun harus persyaratan vaksin lengkap dosis satu dua dan tiga. Sehingga itulah tetap jadi atensi utama kita menjelang bulan puasa,” ungkapnya.

Susatyo menyebut, para pemudik yang baru menerima vaksin dosis 1 dan 2 wajib melampirkan hasil negatif tes negatif Covid saat melakukan perjalanan mudik lebaran. Tes bisa dilakukan lewat metode antigen atau PCR.

Hasil tes itu akan dijadikan sebagai syarat pemudik untuk mengakses transportasi umum. Sebaliknya, syarat tersebut tidak berlaku bagi pemudik yang sudah menerima vaksin virus corona (Covid-19) dosis lanjutan alias booster.

“Yang booster lengkap tidak usah tes, jadi memudahkan nanti perjalanan mudik bisa baik. Tapi kalau yang belum booster, dia baru vaksin dua kali dia harus tes Antigen atau mereka mau di-booster saat itu,” terangnya.

Selain genjot vaksinasi, Polresta Bogor Kota juga tetap melakukan pengamanan di tempat ibadah saat Ramadhan.

“Kami sudah siapkan untuk personil, begitupun teknis pengamanannya. Dan tetap kami mengupayakan mengedepankan protokol kesehatan,” jelasnya.

Selain itu kata Susatyo, pihaknya memastikan bahan pokok tetap dapat dirasakan warga Kota Bogor, pihaknya juga melakukan pengawalan dalam pendistribusian bahan pokok pada masyarakat.

Menjelang bulan Ramadan ini, Kapolresta Bogor Kota juga berharap kepada masyarakat agar menjaga ketertiban masyarakat mengingat akan banyak tradisi-tradisi yang nantinya akan berjalan selama bulan suci ramadan di Kota Bogor.

“Kami juga tentunya mengatasi tauran yang mana memang mengingat situasi yang kami dapatkan, biasanya menjelang sahur atau setelah sahur, kami dengar cukup ramai untuk kegiatan tersebut. Sehingga kami perlu berpesan kepada masyarakat, sedini mungkin kami akan mengantisipasi dengan bekerja sama dengan unsur terkait baik Pemkot, TNI-Polri, tokoh agama dan tokoh masyarakat,” pungkasnya.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan