Polres Nganjuk Mantapkan Persiapan Ops Lilin Semeru 2016

oleh -22 views
Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad Darwis, S.I.K., M.Si

Reporter : Adhi

Nganjuk, Suara Indonesia-News.Com – Menghadapi agenda Hari Raya Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, jajaran Polres Nganjuk menggelar rapat lintas sektoral Operasi Lilin Semeru 2015 di Gedung Serbaguna Mapolres Nganjuk Jln. Gatot Subroto No 116 Nganjuk, Sabtu (19/12/2015). Rakor digelar sebagai upaya menyamakan persepsi antarinstansi terkait dari jajaran pemerintahan dan TNI beserta masyarakat.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB, dihadiri unsur Forpimda Kabupaten Nganjuk, Kodim 0810 Nganjuk, Kepala Desa, serta perwakilan pengurus gereja di wilayah hukum Polres Nganjuk.

Menurut Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad Darwis, S.I.K., M.Si.,  didampingi Kabag. Ops Polres Nganjuk Kompol Sutono S.H., pengamanan Natal 2015 dan Tahun Baru 2015 difokuskan pada tempat ibadah, lokasi wisata, dan titik kumpul masyarakat.

“Selain fokus mengamankan kegiatan ibadah, saat ini juga bertepatan dengan libur sekolah. Sehingga, pengamanan perlu diperketat,” katanya.

Kapolres menilai, dalam perayaan Natal dan tahun baru, biasanya terjadi mobilisisasi massa di lokasi tertentu seperti tempat wisata, tempat ibadah, perbelanjaan dan tempat lainnya. Hal itu akan berpotensi timbunya gangguan Kamtibmas.

Di wilayah Polres Nganjuk terdapat 87 gereja dan 9 rumah ibadat. Gereja-gereja utama akan diamankan 15 personel, dilakukan penyisiran lokasi dengan metal detector dan mirror detector, terutama mengantisipasi ancaman terorisme.

“Akan ada tren peningkatkan terutama pada gangguan Kamtibmas seperti pencurian, penganiayaan, perkelahian dan penyalahgunaan minuman keras. Karena itu harus ada langkah antisipasi dan preventif dengan penindakan yang tepat. Natal dan tahun baru juga tidak luput dari ancaman teroris, terutama pada kegiatan keagamaan seperti perayaan natal,” tandasnya.(Adhi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *