Polres Malang Siap Sambut Kepengurusan SIM Online

Kanit Regident IPTU Alimuddin Nasution,SH

Suara Indonesia-News.Com, Malang – Surat Ijin Mengemudi (SIM) istilah yang sudah tidak asing lagi di gunakan oleh pengguna kendaraan bermotor, sebab secara aturan pembuatan SIM tentu merupakan persyaratan wajib untuk mengendarai kendaraan bermotor. dengan mengantongi Lisensi itu Kepolisian Republik Indonesia ( POLRI) memastikan jika individu yang tertera di kartu identitas tersebut dinilai cukup kapabel untuk mengendarai kendaraan bermotor sesuai klasifikasinya.

Kendati demikian masih saja kerap ditemui banyaknya pengendara bermotor yang kurang kompeten di jalan raya.hal ini tercermin dari gaya dan perilaku berkendara yang kerap ditemui dijalan raya.

Berdasarkan Undang Undang No.2 Tahun 2002 Pasal14 ayat (1) b fungsi dan peranan SIM menurut Peraturan Pemerintah no.44/1993 pasal 216 yaitu sebagai sarana identifikasi/jati diri seseorang,alat bukti,sarana upaya paksa dan sarana pelayanan masyarakat.serta wajib hukumnya setiap pengemudi kendaraan bermotor harus memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM).artinya apabila tidak dapat  menunjukkan SIM selama mengendarai kendaraan bakal mendapatkan sanksi Hukum

Hasil Inovasi KOORLANTAS Mabes Polri  tentang akan dilaksanakannya pengurusan SIM On Line di seluruh Indonesia merupakan perpanjangan dan peningkatan pelayanan yang mempunyai tujuan untuk memudahkan  pelayanan kepolisian tentang pengurusan SIM kepada masyarakat.

Menurut Kanit Regident IPTU Alimuddin Nasution,SH, Untuk Saat ini sementara kemungkinan  masih dilakukan di 4 daerah di Indonesia.termasuk  Kepolisian Daerah Jawa Timur, termasuk daerah yang nantinya bisa dilaksanakan system kepengurusan SIM On Line.

“Pengurusan SIM On Line tersebut akan di lounching sekitar februari atau Maret 2015 dengan maksud lebih mendekatkan diri tentang pelayanan kepengurusan SIM kepada masyarakat. sehingga nantinya diharapkan warga masyarakat yang akan mengurus perpanjangan  SIM tidak harus mengurus di daerah tempat  asalnya, namun bisa dilaksanakan di daerah lain diluar  wilayah Kepolisian Jawa Timur.” Kata Perwira yang berasal dari Sumatra Utara itu.

Sarana dan Prasarana yang dilakukan oleh Polres Malang saat ini sangat diharapkan oleh seluruh jajaran kepolisian, sehingga nantinya persiapan akan pelayanan bisa maksimal, sehingga  masyarakat tidak usahTerfokus mengurus SIM di suatu tempat jika akan melakukan perpanjangan selain untuk menghindari dua SIM sebab pembuatan SIM harus  sesuai dengan KTP dan NIKnya “ ungkap Perwira Polisi yang pernah dinas di kota Sidoarjo ini. (win/ddk).


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here