Polres Batu Tangkap 15 Tersangka Kasus Narkoba

Kepolisian resort (Polres) Batu, Jawa Timur, berhasil menangkap 15 orang tersangka dari 10 kasus penyalahgunaan narkoba, satu orang wanita dan 14 laki-laki.

KOTA BATU, Selasa (8/10/2019) suaraindonesia-news.com – Kepolisian resort (Polres) Batu, Jawa Timur, selama satu bulan mulai 9 September hingga 7 Oktober 2019, berhasil menangkap 15 orang tersangka dari 10 kasus penyalahgunaan narkoba, satu orang wanita dan 14 laki-laki. Akibat tindakan kriminalnya itu mereka kini meringkuk di Sel Tahanan Mapolres Batu.

“Tersangka yang kita tangkap itu jumlahnya 15 orang. tiga orang merupakan pengedar, empat orang sebagai kurir, dan sisanya pengguna atau pemakai,” kata Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama SIK MIK, Selasa (8/10/2019).

Selain menangkap tersangka, lanjut Akpol angkatan 2001 itu, polisi juga berhasil mengamankan narkotikan jenis sabu-sabu seberat 48,2 gram, Jika dikonversikan dalam rupiah nilainya mencapai Rp 60 juta.

Ia juga mengatakan, dengan keberhasilan menangkap pengedar, kurir, dan pengguna sabu-sabu tersebut. Polres Batu berhasil menyelamatkan 241 orang generasi muda dari narkoba. Dengan asumsi 1 gram sabu dikonsumsi 5 orang.

Sementara itu, Kasat narkoba Polres Batu, Iptu Yussi Purwanto menambahkan bahwa dari 15 tersangka itu, Tiga orang tersangka itu merupakan pengedar besar di Kota Batu. Diantaranya mereka adalah, Abdul Manap (45 tahun) asal Jalan Merpati Utara, no 15 Desa Karangan, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

“AM 45 tahun itu berhasil kita amankan di Jalan Raya Giripurno Kota Batu saat akan melakukan transaksi. Saat tertangkap basah ia membawa tiga poket sabu seberat 0,35 gram, selanjutnya petugas juga berhasil mengamankan BB berupa sabu-sabu seberat 41 gram dirumahnya,” tuturnya.

Menurut Yussi, dalam pengakuan Abdul Manap bahwa dirinya menyasar para supir truk untuk berjualan. Mengingat dirinya juga bekerja sebagai supir truk antar daerah. Sedangkan untuk pola transaksi yang dilakukannya menggunakan sistem ranjau sehingga tersangka tak bisa menghubungi pemasok.

“Dari 15 tersangka, 10 kasus, Mereka ditangkap di wilayah hukum Polres Batu. Dengan TKP meliputi Desa Bumiaji, Sekar Putih, Pujon, Pesanggrahan, Temas, Pendem, Songgoriti, Pandanrejo, dan stadion Brantas,” jelasnya.

Akibat perbuatanya, tersangka dijerat dengan pasal 114 ayat 1 jo pasal 112 ayat 1 UU RI tahun No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan hukuman penjara 4-20 tahun.

Reporter : Adi wiyono
Editor : Amin
Publisher : Marisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here