Polres Abdya Bekali 16 Personil Ke Pesantren Puskiyai Aceh

oleh -140 views

Reporter: Nazli Md.

Blangpidie, Suaraindonesia-news.com – Polres Aceh Barat Daya(Abdya) bekali Sebanyak 16 dari 17 pesonil baru untuk di bekali ilmu Agama Islam ke Pondok Pesantren Puskiyai Aceh di Desa Alue Trieng Gadeng Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten setempat, Selasa (10/5/2016).

Kapolres Abdya AKBP Hairajadi SH dalam arahan dan sambutannya mengatakan, pembengkalan ilmu agama untuk personil yang baru ini merupakan program inisiatif polres setempat.

“Setiap personil yang baru masuk wajib untuk dimasukkan pada pondok pesantren selama 10 hari untuk dibekali ilmu Agama,” ujarnya.

Ia mengatakan para personil yang baru saja tamat dari Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Seulawah, Aceh Besar tersebut, supaya bisa belajar dan mengaji serta shalat berjamaah bersama santri yang ada di Puskiyai Aceh.

Pada kesempatan itu Kapolres menyebutkan, bahwa waktu 10 hari memang singkat, tentunya tidak bisa menyerap semua ilmu agama, Akan tetapi setidaknya polisi bintara muda ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan akhidahnya.

“pembelajaran selama di pesantren nantiknya agar dapat menjadi pedoman dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara,” katanya.

Kapolres menjelaskan, dari 17 personil tersebut, yakni ada dua personil Polwan, satu personil yang menganut Agama Nasrani dan 16 personil lainnya beragama Islam.

“Dari ke 17 personil yang baru masuk, satu tidak di ikut sertakan karna menganut agama nasrani, yang ikut ke Pesantren hanya 16 personil saja,” ujarnya.

Kapolres juga mengharapkan dari 16 personil yang dikirim ke pesantren tersebut mampu dalam melakukan sosialisasi dan menciptakan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) serta pendekatan dengan masyarakat lebih santun dan beroreantasi dakwah, sehingga dapat terhindar dari tindak kekerasan saat menjalankan tugas.