Polisi Pastikan Kabar Di Medsos yang Menyebut Ada Pemutihan SIM Adalah HOAX

AKP Ari Galang Saputra Kasatlantas Polres Batu memastikan tidak ada pemutihan SIM yang telah mati

KOTA BATU, Jumat (29/12/2017) suaraindonesia-news.com – Polisi memastikan kabar yang berkembang dan menjadi viral di media sosial (medsos) yang menyebut ada pemutihan Surat Ijin Mngemudi (SIM) yang sudah mati untuk golongan A, B dan C di Polwil berlaku mulai tanggal 27 Desember 2017 hingga 6 Januari 2018 adalah Hoax alias kabar bohong.

Kasat Lantas Polres Batu AKP Ari Galang Saputra menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terkecoh dengan berita miring yang berkembang di medsos yang menyebutkan bahwa ada pemutihan SIM yang sudah mati dan bisa diperbaruri tanpa tes tulis dan praktek.

“Polisi memastikan tidak ada pemutihan SIM yang telah mati, dan polisipun juga tidak pernah menghimbau kepada masyarakat agar yang memiliki SIM mati bisa diperbarui tanpa mengulang tes lagi. Itu adalah Hoax,“ Kata Ari Galang, Jumat (29/12/2017).

Menurutnya, hingga saat ini pihak kepolisian dari Polres Batu tidak ada intruksi dari pusat yang memerintahkan untuk pelayanan SIM, bagi masyarakat yang memiliki SIM yang sudah mati bisa diperbarui tanpa melakukan tes, baik tulis maupun praktek.

“Tidak ada namanya pemutihan SIM semua itu berita hoax” jelasnya.

Baca Juga: Bursa Inovasi Desa, Ini Kata Kepala DPMP4K Abdya 

Sementara itu Trisno Hadi Pemohon SIM Warga RW 01 Desa Junrejo kecamatan Junrejo membenarkan bahwa di Polres Batu tidak ada pemutihan SIM.

Trisno Hadi yang juga guru di salah satu SMK di Kota Batu itu mengaku SIM miliknya yang telah mati itu diurus kembali sesuai prosedur berlaku yakni pengurusan mulai dari awal.

“Saya kemarin mengurus SIM C di Polres Batu ternyata tidak ada pemutihan, SIM saya yang sudah mati itu tidak bisa diperbarui, akhirnya saya mengurus dari awal, artinya kami mengikuti prosedur seperti pemohonan SIM baru,” Kata Trisno Hadi saat ditemui di mapolres Batu, Jumat (29/12/2017).

Ia juga menyebut jika ada kabar bahwa Polres Batu memberlakukan SIM yang telah Mati bisa langsung diperbarui atau ada pemutihan, itu adalah salah dan kabar tidak benar.

“Masyarakat jangan mudah terkecoh dan hendaknya selektif dengan kabar yang berkembang di medsos” ucapnya.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Tolak Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here