Plt Gubernur Aceh Tetapkan 11 RSUD Rujukan Covid-19, Ini Kata LSM Geumaseh

oleh -187 views
Ketua LSM Geumaseh, Faidhil.

BANDA ACEH, Rabu (25/03/2020) suaraindonesia-news.com – Plt. Gubernur Aceh menetapkan 11 RSUD sebagai Rumah Sakit rujukan penanggulangan penyakit infeksi emergency tertentu (Covid-19). Rumah Sakit tersebut terbagi baik dalam wilayah timur, barat dan tengah Provinsi Aceh.

LSM Geumaseh mengatakan penetapan RS Rujukan tersebut berdasarkan SK Gubernur Aceh No. 440/ 972/ 2020 hanya sebatas retorika tidak disertai dengan kelengkapan fasilitas baik ruangan, SDM maupun APD (Alat Pelindung Diri).

“Wajib, harus segera penuhi kebutuhan fasilitas, SDM maupun APD, karna ini taruhan nyawa yang tidak hanya bagi petugas kesehatan, tapi juga bagi keluarga mereka dirumah dan orang- orang di sekitarnya,” Ungkap Faidhil Ketua Umum LSM Geumaseh.

Pihaknya meminta kepada para Dokter dan Perawat yang menjadi tim penanganan covid-19 di 11 RS rujukan tersebut agar bekerja sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan oleh WHO dan Kemenkes dalam penanganan Covid-19

“Kita menghimbau kepada para Dokter dan Perawat, utamakan APD dalam keadaan segawat apapun, jika tidak dilengkapi dengan APD yang memadai stop pelayanan. Jangan jalankan misi bunuh diri,” lanjut Faidhil.

Geumaseh juga mengatakan pihaknya akan terus memantau perkembangan kesiapan rumah sakit rujukan tersebut.

“Kita akan terus mengawasi terkait dengan kesiapan Rumah Sakit Umum Daerah dalam penanganan wabah ini, jangan sampai ada yang menjadi korban sia-sia dalam menjalankan misi bunuh diri yang ditetapkan Plt. Gubernur,” tutup Faidhil.

Reporter : Masri
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *