PKL Jalan Dewi Sartika Akan Direlokasi Bulan Depan

Kadis UMKM Kota Bogor Anas S Rasmana saat wawancara dengan suaraindonesia.com di ruangan kerjanya

BOGOR, Jumat (29/06/2018) suaraindonesia-news.com – Rencana Pemkot Bogor untuk merelokasi pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Dewi Sartika ke Blok A dan B Pasar Kebon Kembang kembali di undur. Keputusan tersebut merupakan hasil keputusan rapat antar pihak-pihak yang berkaitan di Balaikota Bogor, Kamis (21/6) yang lalu.

Kepala Dinas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bogor, Anas S Rasmana mengatakan, pihaknya bersama pengembang Pasar Kebon Kembang dalam hal ini PT Javana Arta Perkasa sudah menurunkan harga kios per meternya. Harga yang semula sebesar Rp25 juta per meter persegi, diturunkan menjadi Rp20 juta per meter persegi.

“Selama satu tahun kebersihan dan keamanan digratiskan. Kalau untuk umum tetap Rp25 juta, tetap kena pajak. Ini hanya untuk PKL yang mau pindah. Makanya harus memenuhi syarat administrasi,” ungkapnya. Jumat (29/06).

Menurut data terbaru kata Anas, jumlah PKL di sepanjang jalan tersebut bertambah dari awalnya 336 PKL menjadi 443 PKL. Mereka terdiri atas 188 PKL di trotoar dan 255 PKL di badan jalan sepanjang jalan. Sedangkan jumlah kios yang tersedia di dua blok Pasar Kebon Kembang hanya 414 unit.

Sebanyak 366 pedagang sudah sesuai dengan peruntukan komoditinya, sedangkan sisanya pedagang makanan yang perlu mengganti komoditinya menjadi sepatu, ataupun pakaian.

Ditambahkan Anas, pelaksanaan relokasi PKL Jl Dewi Sartika akan dilaksanakan di undur menjadi tanggal 08 Juli hingga 15 Juli 2018 yang akan datang. “Sementara PKL yang sudah pindah ke blok A dan B sudah ada 5 orang,” tuturnya.

Dirinya berharap agar seluruh PKL Jl Dewi Sartika secepat mungkin mendaftarkan diri untuk pindah, karena kesempatan tidak akan datang dua kali.

Sementara Dirop PD Pasar Pakuan Jaya Ir Syuhaeri dalam hal ini mengatakan, pihaknya hanya koordinasi dengan pengembang untuk menyediakan tempat untuk PKL Jl Dewi Sartika.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Agira
Publisher : Imam


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here