Perumda Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor, PT. Tokyu Land Indonesia dan GTP Lakukan Penanam Pohon di Ciapus

oleh -463 views
Foto bersama usai penanaman pohon.

BOGOR, Jumat (17/01/2020) suaraindonesia-news.com – Perumda Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor, PT.Tokyu land Indonesia dan komunitas Gerakan Tanam Pohon (GTP) bersama sama menanam pohon di lokasi Perumda Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor, Jalan H Mansur 1 Gg Haminteu Kota Batu, Ciapus, Kabupaten Bogor, Jumat (17/01).

Penanaman ini di maksudkan untuk menghijaukan daerah hulu dimana kita berharap curah hujan yang tinggi di kaki gunung salak tidak sampai membuat aliran air berlebih ke daerah hilir. hal ini disampaikan oleh Inisiator GTP Heri Cahyono kepada awak media.

Menurut Heri, pohon mempunyai fungsi menahan air dari tangkapan hujan yang turun, jika kita mampu memperbaiki daerah hulu maka tentu kita bisa mencegah potensi banjir dan longsor, seperti baru baru ini kita melihat banyak lokasi di berbagai tempat disekitar kita terkena bencana banjir dan longsor yang mengakibatkan banyak kerugian harta.

Dengan kepedulian beberapa perusahaan yang ada di sekitar kita tentu merupakan sumbangan yang sangat berharga bagi masyarakat kita, kedepan kita dari GTP berharap makin banyak perusahaan perusahaan yang menyisihkan keuntungannya untuk perbaikan lingkungan salah satunya adalah tanam pohon.

Ditambahkan alumni IPB angkatan 28 ini, Kota Bogor harus dirawat bersama sama, walaupun saat ini kita menanam pohon di kabupaten bogor tetapi dampaknya akan terasa di kota bogor, karena disini adalah wilayah hulu dan aliran air dari hulu akan menuju ke hilir termasuk melalui kota bogor, jika kita mampu mengamankan daerah hulu Insya Allah kita akan aman dihilirnya tuturnya.

Dikatakan Heri, pada saat penanaman, hadir Dirut Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor Deni Surya Sanjaya. “Beliau merupakan pimpinan perusahaan air minum yang sangat peduli kepada perlindungan sumber sumber air yaitu menanam pohon,” ujarnya.

Selain Dirut Perumda Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor, hadir juga ketua GTP H.Irawati, RAPI, satgas Kosgoro 57 Kota Bogor, PPM Kota Bogor, bikers FKPPI Kota Bogor, para aktivis GTP, juga seluruh karyawan PT Tokyu land Indonesia yang jumlahnya sekitar 150 karyawan dan pimpinannya.

“Inilah sumbangan terhadap kemanusiaan, sumbangan terhadap kemajuan wilayah, bahwa kita hidup dalam satu kawasan yang harus kita selamatkan dan kita rawat bersama sama,” imbuhnya.

Heri menyampaikan, pohon yang ditanam adalah jenis bisbul, rambutan, nangka, manggis, jambu jamaika, sukun, dan mangga. Pohon pohon buah buahan tersebut sangat bermanfaat, buahnya bisa kita nikmati juga dapat menjadi cadangan bagi makanan burung dan satwa, ini juga bagian dari menciptakan habitat bagi burung burung berkicau pungkasnya.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan