Pertamina Tambah Distribusi LPG “Melon” 3 Kilogram

Pengiriman LPG "melon" 3 kilogram di salah satu toko wilayah kota Lumajang.

LUMAJANG, Rabu (29/8/2018) suaraindonesia-news.com – Saat ini penyaluran LPG 3 kilogram di Kabupaten Lumajang rata- rata sejumlah 28.467 tabung per hari.

Menurut Manager Rayon VII LPG Wilayah Sekar Kijang, Moh Ali Akbar Felayati kepada media ini mengatakan jika kondisi saat ini mengalami kenaikan karena adanya beberapa faktor.

“Salah satu penyebab kenaikan konsumsi LPG 3 kilogram adalah penggunaan LPG yang tidak sesuai peruntukannya,” kata Ali Akbar kepada awak media ini.

Ali Akbar mengatakan jika penggunaan LPG tersebut untuk kegiatan pengairan, peternakan serta syukuran Haji yang bersamaan dilakukan di bulan Agustus 2018 ini,” paparnya.

Baca Juga: PKKMB 2018 Unija Sumenep Dikemas Dengan Ngopi Kebangsaan 

Dan untuk mengantisipasi hal tersebut, kata Ali Akbar, kalau pihaknya telah melakukan penambahan oleh Pertamina sebesar 77.280 tabung tersebar di seluruh kabupaten dan didistribusikan sejak tgl 1- 30 Agustus 2018.

Selain itu, dari kegiatan pasar murah yang disediakan, kata Ali Akbar juga didapati bahwa penjualan masih cukup normal karena di konsumen sendiri tidak terjadi antrian yang signifikan bahkan hanya terserap 1.609 tabung dari 3.250 tabung (49%) yang tersedia.

“Dengan kata lain, persaingan penjualan terjadi di level pengecer atau spekulan yang memanfaatkan kesempatan peningkatan di beberapa sektor tersebut untuk mendapatkan keuntungan,” bebernya lagi.

Dalam kesempatan ini, Ali Akbar menghimbau agar untuk kegiatan-kegiatan yang bukan peruntukannya menggunakan LPG 3 kilogram, dapat beralih menggunakan LPG non subsidi seperti Elpiji Biru maupun Brightgas.

Sementara itu, pihak Dinas Perdagangan masih belum memberikan keterangannya kepada media ini, sebab pihaknya masih melakukan koordinasi dengan bagian ESDM dan Perekonomian Setda Lumajang.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Amin
Publikasi : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here