Perpustakaan Umum Kabupaten Rembang Gelar Pelatihan Pengelola Perpusdes, Ini Tujuannya

Narasumber dari Perpustakaan Umum Kabupaten Rembang Saat Sesi Tanya Jawab Dengan Peserta Pelatihan.

REMBANG, Selasa (19/11/2019 ) suaraindonesia-news.com – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Umum Kabupaten Rembang, mengadakan acara Peer Learning Meeting Replikasi Perpustakaan Desa. Selasa (19/11).

Kasi Layanan dan Pengembangan Perpustakaan Bidang Perpustakaan Yazid Aris Khoirun mengatakan, kegiatan yang berlangsung hari ini dinamakan Perpuseru, yang tujuan awalnya untuk mengurangi kemiskinan informasi dan meningkatkan pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi masyarakat di Indonesia, dengan mentransformasi Perpustakaan Daerah dan Desa menuju pusat informasi pembelajaran yang menjawab kebutuhan masyarakat melalui peningkatan akses terhadap teknologi dan layanan yang relevan.

Ia menambahkan, mengembangkan fungsi perpus Desa yang awalnya hanya sebagai tempat meminjam dan membaca buku menjadi pusat kegiatan masyarakat Desa, dengan cara mengajak pengelola perpusdes untuk menyelenggarakan kegiatan yang melibatkan masyarakat, contohnya, kegiatan pelatihan untuk anak sekolah, dan kegiatan ini dilaksanakan di perpus desa.

“Totalnya 294 Desa, kita mencoba replikasi ke 25 Desa dahulu, nantinya kita melatih pengelola perpustakaan Desa untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, yang berkaitan dengan kegiatan pelatihan di Desa. seperti, kegiatan Ibu- ibu yang menganggur di rumah kita berikan pelatihan menjahit, merajut dan pelatihan tersebut dilaksanakan di perpustakaan Desa, dan narasumber dari Internet,” terangnya.

Jadi kata dia, mengembangkan fungsi Perpudes agar memanfaatkan fungsi Internet, 25 Desa yang hadir hari ini, rencananya akan dibantu 1 unit komputer, tapi dengan komitmen pihak Desa untuk menyediakan jaringan internet yang nantinya bisa di manfaatkan untuk kegiatan masyarakat.

“Kita mengajak pengelola perpustakaan Desa untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi, salah satunya memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di pelayanan Perpustakaan Desa,” tukas Yazid Aris Khoirun.

Reporter : Minan
Editor : Amin
Publisher : Oca


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here