Perkuat Perekonomian, Desa Wongsorejo Sosialisasikan Pembentukan Bumdes

oleh -55 Dilihat
Sosialisasi Pembentukan Bumdes.

BANYUWANGI, Jumat (11/5/2018) suaraindonesia-news.com – Badan Usaha Milik Desa adalah Lembaga Usaha Desa yang dikelola oleh Masyarakat dan Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa yang dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa.

BUMDES sebagai suatu lembaga ekonomi modal usahanya dibangun atas inisiatif masyarakat dan menganut asas mandiri. Ini berarti pemenuhan modal usaha BUMDES harus bersumber dari masyarakat, acara ini diadakan di Aula Desa wongsorejo, Kamis (10 Mei 2018).

Dalam rangka kegiatan sosialisasi ini, dihadiri beberapa elemen masyarakat Wongsorejo serta Emy Dewan penasehat, Bumdes yang ada di Kabupaten Banyuwangi, Kades Wongsorejo Imam Ekamartin, Polsek yang di wakili Brigadir Viky, juga para tokoh masyarakat dan pemuka agama, dengan adanya acara ini pengembangan BUMDES diharapkan dapat menguatkan ekonomi desa serta menjadi alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa.

Dalam kegiatan sosialisasi sebagai Emy sebagai penasehat serta sebagai pembuka dalam kegaiatan sosialisai tersebut.

Emy mengatakan dalam sambutannya kepada seluruh peserta sosialisasi yang hadir pada saat itu, dengan kesempatan yang baik ini marilah sama-sama meningkatkan kualitas masyarakat dan pedesaan berupaya mewujudkan perubahan yang lebih baik lagi.

“Kami dari pemerintah mengharapkan kepada kita semua untuk meningkatkan perekonomian masyarakat  dengan cara memperdayakan fasilitas-fasilitas yang ada dalam lingkungan seperti membuat usaha-usaha lainnya,” katanya.

“Dengan adanya BUMDES mari kita buka lapangan pekerjaan untuk masyarakat setempat. Kita mesti menggali potensi desa dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Desa masing-masing dan membuka pola pikir masyarakat dan marilah kita bekerja sama,kami dari pemerintah siap memfasilitasi pedesaan demi mencapainya masyarakat yang bercahaya,” tegasnya.

Sementara ketua Bumdes, Sumariyanto sasaran untuk usaha sekarang masih pertokoan, dan rencana kedepan akan mengelolah pasar desa wongsorejo.

“Selain pasar desa, hipam pengadaan air bersih, untuk daerah kawasan hutan, termasuk nantinya simpanpinjam untuk usaha kecil menengah,” tegasnya.

Kades Wongsorejo Imam Ekamartin, menyambut baik adanya Bumdes yang diberinama Bumdes Wongso Joyo.

“Saya selaku kepala desa memfasilitasi, pembentukan bumdes, serta membantu mentertakan modal awal Rp 50 juta, untuk bumdes, insya Allah kita tambah lagi bila mengalami kemajuan pengelolanya,” tururnya.

Terbentuknya bumdes ini semua berkat usulan masyarakat, dan pemerintah desa tidak di perbolehkan mengurus bumdes.

“Ini menunjukkan bumdes betul betul mandiri,” ucapnya.

Reporter : Harto Angkasa
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan