Peringati HSN Tahun 2020, Disdikbud Kota Probolinggo Gelar Lomba Sholawat Diba

oleh -22 views
Kepala Disdikbud Kota Probolinggo Drs. H Maskur didampibgi Kabid SD/SMP serahkan hadiah kepada pemenang juara pertama. (Adv).

PROBOLINGGO, Minggu (18/10/2020) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2020, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Probolinggo, Jawa Timur bekerja sama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kota setempat menggelar lomba membaca Sholawat Diba.

Lomba membaca Sholawat Diba tersebut diikuti oleh 25 orang peserta dari kalangan kaum Muslimin Muslimat dari kelompok Organisasi Islam yang ada di Kota Probolinggo.

Dari 25 orang tersebut setelah diseleksi oleh tim juri tinggal 6 orang peserta yang lolos seleksi dan berhak mengikuti grand final.

Grand Final lomba digelar secara Virtual di Gedung Puri Manggala Bhakti Kantor Wali Kota Probolinggo di Jalan Panglima Sudirman, Sabtu (17/10/20) malam.

Acara grand final dihadiri oleh Kepala Disdikbud Kota Probolinggo Drs H. Maskur beserta Pimpinan dan pengurus PCNU Kota Probolinggo.

Kepala Disdikbud Kota Probolinggo Drs. H Maskur menyampaikan, moment HSN tahun 2020 salah satunya adalah lomba Sholawat Diba. Kegiatan ini kita gelar agar supaya kita lebih banyak ber-sholawat kepada Rosulullah.

“Namun karena sekarang situasi pandemi covid-19, kegiatan kita laksanakan secara virtual, tetapi tidak mengurangi makna kegiatan,” ujar Maskur usai kegiatan, Sabtu (17/10/20) malam.

Menurut Maskur, dengan banyak ber-sholawat tentu kita akan mendapatkan pertolongan. Karena bacaan Sholawat Diba itu maknanya juga banyak membahas risalah-risalah Rosulullah. Bagaimana Rosulullah itu pada masa hidupnya masih dalam perjuangan dalam menegakkan agama Islam.

“Ini yang perlu kita teladani dan perlu kita terapkan terus pada para kaum Muslimin Muslimat. Sehingga lomba Sholawat Diba ini kita gelar di hari peringatan HSN tahun 2020 ini,” tuturnya.

Maskur jelaskan, bahwa peserta lomba Sholawat Diba ini dari kalangan kaum Muslimin Muslimat dari kelompok Organisasi Islam. Baik itu dari Jamkiah ataupun juga dari yayasan Islam lainnya.

“Peserta lomba Sholawat Diba ini dari kalangan kaum Muslimin-Muslimat dari kelompok Organisasi Islam. Baik itu dari Jamkiah, juga dar yayasan Islam yang lain, dan kita memang terbuka,” terang Maskur.

Ia sebutkan, jumlah peserta lomba Sholawat Diba ada 25 orang. Dari 25 orang peserta ini kita seleksi dan kita ambil 6 besar yang betul-betul asli hasil karya sendiri.

“Harapan kita, untuk kedepan peserta harus lebih semangat lagi dalam mengikuti kegiatan pembacaan Sholawat Diba ini dalam rangka untuk menenangkan hati kita,” pungkas Maskur.

Dalam lomba tersebut, juara harapan ke-3 dengan nilai 247 diraih oleh Muslimat ranting NU Kademangan Muda. Juara harapan ke-2 dengan nilai 253 diraih oleh Agung Hasani dari Kademangan, juara harapan ke-1 nilai 254 diraih oleh Fatayat NU ranting Jrebeng Kulon.

Sedang untuk juara ke-3 diraih oleh Muslimat ranting Kademangan dengan nilai 259. Juara ke-2 nilai 260 diraih oleh Fatayat NU ranting Jrebeng Kulon-2. Dan sebagai juara ke-1 dari Yayasan Hidayatul Ullah, dengan nilai 278.

Semua pemenang lomba mendapatkan Tropi dan uang pembinaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo. (Adv).

Reporter : Singgih Widjanarko
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *