PERINGATI HARKITNAS, DISKOMINFO SUMENEP GELAR UPACARA, LOMBA ROBOT HINGGA SINEMATOGRAFI DAN FOTGRAFI

Sumenep, Suara Indonesia Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 106 tahun 2014, seluruh jajaran mulai pimpinan hingga staf di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep melaksanakan Upacara Hari Kebangkitan Nasional di halaman kantor setempat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep, Drs. H. Yayak Nurwahyudi, M.Si saat bertindak sebagai inspektur Upacara Harkitnas, Selasa (20/05) membacakan sambutan Menteri Kominfo RI, Tifatul Sembiring. 

Dalam sambutannya Menkominfo berharap agar makna nasionalisme tidak hanya dijadikan sebuah romantisme perjuangan masa lalu. Namun, bagaimana seluruh elemen masyarakat memiliki pola pikir dan pola tindak sesuai dengan semangat kebangsaan dan selaras dengan tuntutan jaman. Bagaimana dalam berpikir dan berprilaku sesuai dengan semangat nasionalisme.

Untuk membangun semangat nasionalisme agar menjadi bangsa yang mau, bangsa yang berprestasi, juga harus bangkit dengan tidak mengenal kata menyerah. Dengan semangat kebangkitan nasional harus bahu membahu dan bersatu untuk belajar, bekerja dan bekerja demi kemajuan dan martabat bangsa.

“karena itu, tema Hari Kebangkitan Nasional saat ini Maknai Cita-cita Nasional Melalui Kerja Nyata dalam Suasana Keharmonisan dan Kemajemukan Bangsa,” tegasnya.

Karena itu diharapkan masyarakat berkontribusi untuk kedaulatan bangsa dan negera. Sesuai dengan keinginannya dalam menjaga keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kedepan yang dibutuhkan, bagaimana mewujudkan kehidupan yang harmonis dan bersinergi dengan cita-cita nasional. Dan bukan perilaku yang hanya bisa saling menyalahkan, saling tuding, serta saling menyingkirkan.

Namun, bagaimana harus mampu saling memberikan kekuatan, dengan perbedaan menjadikan sebuah kemajemukan serta kekuatan. Karena perbedaan etnis, suku, budaya, agama dan keragaman lainnya, harus dijadikan sebuah kekuatan dalam memajukan bangsa dan negera ini.

“Sebagaimana momentum kebangkitan nasional, dengan memaknai karya nyata yang dilandasi nasionalisme yang sesungguhnya.”tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diwarnai dengan kegiatan walking robot yang diikuti sebanyak 20 kelompok siswa SD/MI se Kabupaten Sumenep masing-masing kelompok 2 orang. Kegiatan tersebut untuk menggairahkan kecintaan generasi muda terhadap ilmu teknologi dan informatika.  upacra harkitnas diskominfo sumenepupacra harkitnas diskominfo sumenep

Ditambahkan pula Kadis Kominfo Sumenep, disela-sela kegiatan lomba walking robot, dengan menggairahkan kecintaan generasi muda tersebut, agar mereka memiliki prospek persaingan yang bagus kedepan, dan sejak dini anak tidak gagap teknologi.

Sedangkan kegiatan dalam rangkaian Harkitnas 2014 ini, yakni Lomba computer anak untuk siswa TK yang bertujuan mengenalkan anak pada computer sejak usia dini. Kemudian bagi siswa SMP dan SMA juga dilaksanakan kegiatana sinematografi dan fotografi yang bertujuan untuk mengangkat kepedulian dan kepekaan sosial khususnya kepada Kabupaten Sumenep.

“Sebab, siswa bisa menuangkan karya-karyanya melalui sinematografi dan fotografi yang dihasilkan.”tambahnya.

Sementara Kepala Bidang Aplikasi dan Telematika Diskominfo Sumenep, M. Nurdin, SS, MH menambahkan, melalui rangkaian kegiatan lomba IPTEK yang diberikan bagi siswa mulai tingkat TK,SD,SMP hingga SMA memang bertujuan mengajak generasi muda dalam berkreatifitas. Bahkan, dalam setiap kegiatan lomba diawali dengan kegiatan workshop bagi peserta.

“jika tahun sebelumnya kami juga melaksanakan kegiatan lomba mobil-mobilan bertenaga surya, kali ini kami rangkai dengan aneka kegiatan yang lebih luas.”jelasnya.(ren/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here