Peringati Hari Perawat Sedunia, LSM Geumaseh Kampanyekan Stop Kekerasan Terhadap Nakes

oleh -18 views
Foto : Faidhil Ketua LSM Geumaseh Aceh.

ACEH, Rabu (12/05/2021) suaraindonesia-news.com – Momentum peringatan Hari Perawat Sedunia (HPS) tahun 2021, LSM Geumaseh yang getol menyuarakan nasib perawat mengajak berbagai pihak untuk menghindari dan stop kekerasan terhadap tenaga kesehatan.

Ajakan tersebut disampaikan Ketua LSM Geumaseh Faidhil dalam rilisnya kepada media suaraindonesia-news.com. Rabu (12/5).

Menurut Faidhil, belakangan ini sering sekali kita mendengar informasi yang beredar terkait perilaku kekerasan terhadap tenaga kesehatan.

“Oleh karna itu sehubungan dengan memperingati hari perawat internasional, kami mengajak berbagai pihak baik dalam hal ini masyarakat umum, para pejabat pemerintah, dan seluruh elemen masyarakat untuk menghindari terjadinya tindak kekerasan terhadap Nakes,” tuturnya.

“Geumaseh melihat fenomena perilaku kekerasan terhadap nakes terus saja meningkat. Apa lagi di masa pandemi covid -19 ini. bebernya,” imbuhnya.

Pantauan Pusat Studi Hak Asasi Manusia Universitas Berkeley dan Insecurity Insight Selama pandemi Covid-19 Setidaknya terjadi 1.100 kekerasan dan ancaman kekerasan pada nakes di seluruh dunia dan 12 di antaranya terjadi di Indonesia. (Dikutip dari Kompas Tv 12/05/2021).

“Kekerasan yang tampak hanya yang viral saja, kita melihat ini fenomena gunung es, masih cukup banyak kekerasan fisik lainnya yang tidak tampak apa lagi kekerasan nonfisik. Jika kita buka data – data penelitian hal ini cukup mengkhawatirkan bahkan telah lama menjadi konsen dari organisasi Badan PBB seperti WHO dan ILO,” Lanjut Faidhil.

Dengan fakta dan realita yang ada, kekerasan terhadap Nakes dapat membuat Nakes menjadi tidak optimal dalam memberikan pelayanan karna di hantui ketakutan mengalami kekerasan.

“Oleh karena itu Geumaseh berharap kasus tindak pidana kekerasan terhadap Nakes tidak terulang kembali,” harapnya.

“Sekali lagi kami berharap tidak terjadi lagi kasus-kasus pidana serupa, Jikapun ada keluhan atau ketidakpuasan terhadap pelayanan yang di berikan oleh nakes, silahkan tempuh jalur kritikan ke manajemen Fasilitas Kesehatan setempat sesuai mekanisme yang berlaku,” Tutup Faidhil.

Reporter : Masri
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *