Peringati Hari Keluarga Nasional, Bupati Jember Berpesan Ini

oleh -186 views
Bupati Faida saat memberikan sambutan pada sosialisasi revitalisasi nilai-nilai Pancasila dalam keluarga. (Foto : Humas Pemkab Jember)

JEMBER, Jumat (29/6/2018) suaraindonesia-news.com – Keluarga menjadi benteng mempertahankan ideologi Pancasila. Karena itu, perlu revitalisasi nilai-nilai Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan kesetiaan terhadap Pancasila dan NKRI kepada generasi penerus melalui peran perempuan.

Hal itu disampaikan Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. dalam acara Sosialisasi Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Keluarga di Pendapa Wahyawibawagraha, Juma’at (29/06/2018).

Tema dalam kegiatan yang masih dalam rangkaian Bulan Pancasila ini yakni Peran Perempuan dalam Menanamkan Nilai-nilai Kebangsaan dan Kesetiaan terhadap Pancasila dan NKRI kepada Generasi Penerus Bangsa.

“Benteng terakhir NKRI ada di dalam keluarga, dan kunci pertahanan NKRI juga ada di dalam keluarga,” tutur perempuan pertama Bupati Jember ini.

Pembaharuan pemahaman ideologi negara ini perlu diberikan kepada perempuan atau ibu-ibu. Seperti kata para ahli, memberikan pelajaran kepada bapak-bapak hanya sampai kepada satu seorang.

“Tetapi, jika memberi pelajaran kepada ibu-ibu konon katanya sama dengan mengajari minimal satu generasi,” lanjut Bupati Faida.

Baca Juga: Bupati Jember Lantik 10 Pejabat Administrator dan Pengawas 

Bupati berpesan aparatur sipil negara dan keluarganya mempunyai tugas menguatkan ideologi Negara. “Pemahaman tentang nilai Pancasila akan menjadi bekal bapak ibu menjaga generasi dalam ideologi negara dan Pancasila, mempertahankan NKRI,” terangnya.

Kepala Dinas DPA3KB Dra. Ita Poeri Andayani mengungkapkan, sosialisasi yang diikuti oleh ibu ibu Dharma Wanita ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan.

Bupati Faida saat memberikan sambutan pada sosialisasi revitalisasi nilai-nilai Pancasila dalam keluarga. (Foto : Humas Pemkab Jember)

“Serta meningkatkan peran perempuan dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila dan mempertahankan kesetiaan NKRI pada generasi penerus bangsa dan keluarga,”jelasnya.

Sementara Ketua Dharma Wanita kabupaten Jember Hj. Ir. Iriene Mirfano, Amd. menjelaskan, Dharma Wanita sebagai komponen bangsa Indonesia berkewajiban untuk menyukseskan tujuan nasional, yakni mewujudkan masyarakat adil dan makmur secara merata.

Kewajiban itu akan berhasil apabila isteri aaratur sipil negara (ASN) mau dan mampu meningkatkan sumber daya yang dimiliki dalam menghadapi tuntutan dan tantangan perubahan kehidupan .

“Sosialisasi ini juga merupakan perwujudan dari peran isteri ASN dan peran seorang ibu dalam mengingatkan nilai-nilai luhur Pancasila,” ujarnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan