Peringati HAB ke-73 Kemenag, Wabup Pamekasan Pimpin Upacara

oleh -219 views
Selesai upacar bendera, Wakil Bupati Pamekasan Raja'e menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada para pemenang aneka ragam lomba dalam peringatan HAB yang didampingi Kepala Kemenag Pamekasan dan dilanjutkan dengan acara foto bersama.

PAMEKASAN, Jumat ( 03/01/2019) suaraindonesia.news.com — Upacara bendera dalam memperingati puncak Hari Amal Bakti (HAB) Ke-73 Kementerian Agama Republik Indonesia dipimpin Wakil Bupati Pamekasan, Kamis (03/01/2019), kemarin.

Upacara yang berlangsung hikmad tersebut diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pamekasan, serta para pelajar. Adapun tema yang diusung dalam HAB Ke 73 ini yaitu “Jaga Kebersamaan Umat”.

Dalam sambutan tertulis, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin yang dibacakan Wakil Bupati Pamekasan mengungkapkan bahwa salah satu tugas Kementerian Agama adalah untuk menjaga dan memelihara kualitas keagamaan masyarakat dan kerukunan hidup umat beragama.

“Berdirinya Kementerian Agama adalah untuk menjaga dan memelihara, sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan masyarakat kian naik peringkat. Agar tetap dan terus terjaga kerukunan hidup antar umat beragama yang kian rekat. Dan pada akhirnya agar kualitas kehidupan keagamaan segenap bangsa makin meningkat,” katanya.

Meskipun negara kita menurut Menteri Agama secara formal tidak berdasar agama tertentu, tidak menetapkan suatu agama sebagai agama resmi negara, akan tetapi keterlibatan negara dan pemerintah menyangkut kehidupan keagamaan merupakan hal nyata dan niscaya, sesuai konstitusi negara.

“Melalui peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, kita diingatkan kembali arti pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Pembukaan dan pasal 29 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Dalam Negara kita berdasar Pancasila, bukan hanya jaminan untuk mengamalkan ajaran agama dilindungi negara, bahkan kebijakan Pemerintah tidak boleh bertentangan dengan ajaran dan kaidah agama,” jelasnya.

Selesai upacar bendera, Wakil Bupati Pamekasan Raja’e menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada para pemenang aneka ragam lomba dalam peringatan HAB yang didampingi Kepala Kemenag Pamekasan dan dilanjutkan dengan acara foto bersama.

Mengakhiri sambutan Menteri Agama RI, melalui Wakil Bupati Pamekasan berharap seluruh ASN dilingkungan Kemenag yang merupakan sebagai bagian dari institusi yang membawa nama “agama”, seyogyanyalah berperilaku sebagai pejabat dan aparatur mencerminkan kemuliaan agama, di mana antara kata dan perbuatan saling serasi, antara kesalehan personal dan kesalehan sosial saling melengkapi.

Turut hadir dalam acara itu, perwakilan DPRD dan Forpimda, Kepala Kemenag Pamekasan, Affandi, Pj Sekda, para pejabat dilingkungan Kemenag Pamekasan serta tamu undangan lainnya.

Reporter : May-Ita
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan