Perantau Aceh Adakan Festival Budaya Aceh

Walikota Bogor Bima Arya (no 2 kanan), Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim (kiri) Ketua Panitia Muzzakir (tengah).

BOGOR, Senin (21/10/2019) suaraindonesia-news.com – Warga perantauan Aceh yang berdomisili di Bogor adakan Festival Budaya Aceh selama sehari di Plaza Wali Kota Bogor, Sabtu (19/10).

Pembukaan Festival Budaya Aceh tersebut ditandai dengan pertunjukan Rapa’i Pasee, didong Pegayon. Festival diisi dengan pentas seni, lomba sie itek, pameran kerajinan, dan bazar kuliner khas Aceh.

Acara Festival tersebut terlihat istimewa saat dibuka dengan lomba masak  mie Aceh yang pesertanya Walikota Bogor Bima Arya, Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim, Kepala Dinas Pariwisata Shahlan Rasyidi dan ketua panitia Festival Muzzakir.

Ketua Panitia Festival Budaya Aceh, Muzakkir mengatakan bahwa Festival Budaya Aceh ini bertujuan untuk mengembangkan ide, membangun peradaban melalui seni dan budaya. Selain itu, acara ini bertujuan untuk mengenalkan budaya aceh kepada masyarakat khususnya generasi muda Aceh yang telah lahir di perantauan.

“Acara ini sangat perlu kembambangkan, apalagi anak anak kami yang lahir di perantauan harus diberikan pengenalan adat leluhurnya,” ungkap Muzzakir.

Muzzakir berharap, dengan terlaksanakannya Festival Budaya Aceh ini, dapat merekatkan hubungan antara Pemerintah Aceh, Pemkot Bogor dan masyarakat Aceh di perantauan.

“Selain itu, kegiatan ini juga ingin menunjukkan kepada semua pihak, bahwa masyarakat Aceh adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Nusantara yang merupakan satu kesatuan utuh dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pungkasnya.

Reporter : Adit/Cintia
Editor : Amin
Publisher : Marisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here