Penyelundupan Motor Antar Kepulauan Marak, Polsek Kalianget Lakukan Patroli di Kawasan Pelabuhan

Reporter: Liq

Sumenep, Rabu (30/11/2016) suaraindonesia-news.com – Guna mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas dan maraknya penyelundupan sepeda motor ke wilayah kepulauan, Anggota gabungan Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur melakukan patroli dan memberikan himbauan kamtibmas di Dermaga III pelabuhan Kalianget, Rabu (30/11/2016).

Patroli gabungan tersebut diikuti Polsek Kalianget, Satlantas, TNI dan dari dinas Perhubungan.

Masing-masing anggota melakukan pengecekan terhadap barang yang dibawa oleh para penumpang Kapal seperti sepeda motor yang menyebrang ke Pulau yang mereka tuju, karena ancaman tindak kejahatan yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi dan memerlukan penanganan bersama – sama.

“Kemarin Selasa (29/11) kegiatan rutin itu dilaksanakan oleh anggota kami yang tergabungan diantaranya Satlantas, Sabhara, TNI dan dinas Perhubungan, terkait aksi pencegahan antisipasi kendaraan yang dibawa oleh penumpang yang menuju kepulauan, apakah sudah benar dokumin kepemilikan yang akan dibawa ke kepulauan,” kata Kapolsek Kalianget, AKP Iwan Setyo Budi, Rabu (30/11/2016).

Digelarnya patroli dikawasan pelabuhan untuk mengantisipasi masuknya para pelaku penyelundupan sepeda motor maupun tindak kejahatan lainnya.

“Bagi motor untuk fasifik yang kita periksa dan kita cocokkan pada kendaraan tersebut sesuai atau tidak, dalam artian yang tertera di dalam  dokumen itu kita cocokkan dengan nomor angka mesin yang ada,” jelasnya.

Menurutnya, Sesuai aturan kalau nantinya ditemukan hal-hal mencurigakan pihaknya tetap menggunakan tindakan kepolisian yang kita laksanakan seperti pengamanan, pemeriksaan, pembawa yang mengarah kepada pelaku,” imbuhnya.

Iwan membeberkan beberapa kejadian dikepulaun yang pernah terungkap, seperti kasus narkotika jenis sabu, dengan itu pihaknya mengantisipasi penyebrangan kesana, barang kali menurutnya yang bersangkutan juga membawa dari penyebrangan pelabuhan Kalianget.

“Nantinya secara rutin kita akan laksanakan oprasi atau penjagaan di daerah pelabuhan- pelabuhan yang ada di Sumenep ini,” sambung Iwan.

Diakuinya, diperlukan adanya kejasama dan kemitraan antara masyarakat dan Kepolisian dalam pemeliharaan keamanan Kamtibmas.

Sementara kegiatan ini hanya satu titik yang dijadikan target yaitu pelabuhan Kalianget.

“Kami berharap keaktifan masyarakat agar bisa bersama-sama mencegah kasus penyelundupan dengan cara meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan. Segera berkoordinasi dengan kami apabila menjumpai hal-hal yang mencurigakan diKawasan Pelabuhan,” pungkas Iwan.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here