Penyelundupan Harley Davidson Berujung Pemecatan Dirut Garuda Indonesia

oleh
Pesawat Garuda Indonesia (Foto: Istimewa).

JAKARTA, Jumat (6/12/2019) suaraindonesia-news.com – Baru setahun menjabat Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara tersandung kasus penyelundupan dan resmi diberhentikan dari jabatannya oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

‚ÄúDengan itu, saya akan memberhentikan Saudara Direktur Utama Garuda dan tentu proses ini kami, karena Garuda adalah perusahaan publik, akan ada prosedur lainnya,” kata Erick Thohir saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Berdasarkan audit komite, Erick mengungkapkan pembelian komponen Harley-Davidson merupakan pesanan Ari melalui pegawainya. Ari memerintah untuk mencarikan sepeda motor Harley-Davidson sejak 2018 lalu.

Transaksi pembelian dilakukan pada April 2019 melalui rekening pribadi bagian keuangan Garuda di Amsterdam. Hingga akhirnya motor dibawa ke Indonesia atas nama salah satu pegawainya yang berinisial SAS.

Ari menjabat sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia sejak terpilih dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 12 september 2018 lalu, menggantikan Dirut sebelumnya, Pahala M. Mansuri.

Garuda Indonesia di bawah kepemimpinan Ari, sempat mencatatkan kinerja yang membanggakan pada tahun 2018 karena mencetak laba, namun laporan keuangan tersebut terbukti direkayasa. Hal ini justru membuat Garuda Indonesia mendapat sanksi tertulis dan denda. Kemudian dalam rilis pembetulan laporan keuangan, Garuda Indonesia justru mengalami kerugian mencapai Rp. 2,4 triliun pada 2018.

Kasus lain yang juga menyita perhatian di bawah kepemimpinan Ari adalah perseteruan dengan Sriwijaya Air. Hingga yang terkini yakni kasus penyelundupan motor Harley Davidson serta 2 unit sepeda Brompton.

Ari sendiri bukan orang baru di BUMN. Pria kelahiran 13 oktober 1971 ini beberapa kali mengisi jajaran direksi BUMN di antaranya menjabat CEO. PT. PELINDO III (mei 2017-september 2018), Direktur HRD PT. Wijaya Karya (april 2016-maret 2017), Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko PT. Garuda Indonesia (desember 2014-april 2016).

Karir Ari Askhara kandas setelah ditemukan upaya penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton dalam pesawat Garuda Indonesia tipe Airbus A330-900 NEO yang baru didatangkan Prancis.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *