Penyaluran BST Tak Dihadiri Dinsos, Ketua LPM Kelurahan Batu Ampar Mengaku Kecewa

oleh -925 views
Foto : Ketua LPM Kelurahan Batu Ampar Aris Marhiyanto tengah (bertopi) saat ditemui media ini di Gedung BSCC Dome Balikpapan.

BALIKPAPAN, Sabtu (25/7/2020) suaraindonesia-news-com – Penyaluran perdana Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap ke 3 dan 4 bagi warga terdampak covid-19 dimulai dari Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Balikpapan Utara. Penyaluran BST tersebut dipusatkan di Gedung BSCC Dome Balikpapan, Kalimantan Timur,  pada Jumat (24/7/2020).

BST tersebut merupakan anggaran dari APBD Pemerintah Kota Balikpapan yang sebelumnya dalam bentuk sembako diganti dalam bentuk tunai melalui Kantor PT Pos Indonesia.

Sebanyak 3.413 Kepala Keluarga (KK) telah menerima bantuan tersebut dalam bentuk tunai senilai 460 ribu per KK untuk tahap ke 3 dan 4.

Dalam proses penyaluran BST ini, terdapat kekecewaan yang dilontarkan oleh Ketua LPM Kelurahan Batu Ampar, Aris Marhiyanto, SE,. Pasalnya, dalam proses penyaluran BST tersebut, pihak dari Kantor Dinas Sosial Kota Balikpapan tak satupun yang hadir

“Kami sangat menyayangkan dari instansi terkait dalam hal ini Dinas Sosial Kota Balikpapan, mulai dari pagi hingga siang tidak ada satu orang pun mendampingi dalam proses penyaluran BST ini. Perlu kami pertanyakan siapa penanggung jawab secara teknis untuk penyampaian ini, hal ini yang perlu menjadi catatan kita semua,” ucap Ketua LPM Kelurahan Batu Ampar, Aris Mahiyanto saat ditemui media ini di Gedung BSCC Dome Balikpapan, Jumat (24/7/2020) malam.

Dia mengatakan, setelah melakukan komunikasi dengan Dinas Sosial terkait hal tersebut, pihaknya mengaku kecewa karena proses penyaluran BST telah diserahkan sepenuhnya kepada pihak Kantor PT Pos Indonesia.

“Seharusnya hal teknis seperti ini dibicarakan sejak awal dengan Lurah kami, dan Kamtibmas. Karena hal ini juga menyangkut soal keamanan, Kelurahan Batu Ampar merupakan penyaluran perdana bantuan BST untuk warga terdampak covid-19, mudah-mudahan berikutnya nanti hal seperti ini tidak terulang lagi. Saya sangat kecewa sekali kejadian seperti ini, karena Dinas Sosial sebagai penanggung jawab tidak ada yang hadir,” cetusnya.

Disamping itu, kata Aris, proses secara teknis oleh Kantor PT Pos Indonesia juga tidak disampaikan kepada pihak Kelurahan.

“Kalau memang dari Kantor Pos bertanggung jawab sepenuhnya secara teknis, seharusnya disampaikan kepada kami. Karena mulai pagi sejak pukul 08.00 Wita yang buka pintu Gedung BSCC Dome ini adalah Lurah sendiri dan masyarakat, tidak ada penyampaian secara teknis. Mengapa Lurah dan seluruh elemen di Kelurahan Batu Ampar tidak di libatkan secara teknis, hal itu sangat kami sayangkan,” tandasnya

Reporter : Fauzi
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *