Pengembangan Pelayanan Kesehatan Di Rsud Cibinong

oleh -103 Dilihat
Foto Kegiatan di Klinik Lansia RSUD Cibinong

Bogor, suaraindonesia-news.com – Upaya pengembangan pelayanan kesehatan merupakan bagian dari perogram semua rumah sakit, seperti halnya yang dilakukan RSUD Cibinong Kabupaten Bogor yang memberikan pelayanan publik, khususnya pengembangan pelayanan kesehatan Lanjut Usia (Lansia) dan Operasi Katarak Canggih kepada masyarakat Kabupaten Bogor dan sekitarnya.

Dewasa ini pertambahan penduduk lanjut usia (lansia) yaitu >60 tahun di negara berkembang mengalami peningkatan yang cukup drastis; Jumlah lansia di Asia Tenggara pada tahun 2010 sudah mencapai 4189 juta jiwa, tahun 2050 diperkirakan akan meningkat menjadi 1,2 milyar, 65 % diantaranya adalah wanita dan 50% diantaranya berstatus ekonomi miskin.

Di Indonesia Target Renstra Kemenkes menyatakan : peningkatan Usia Harapan Hidup (UHH) meningkat dari 70,6 tahun menjadi 72 tahun pada tahun 2014. Indonesia saat ini termasuk lima besar negara dengan jumlah penduduk lansianya terbanyak di dunia; yakni mencapai 18,1 juta jiwa (7,6 %). Jumlah penduduk lansia akan meningkat dari 18.1 juta jiwa (Survei Penduduk tahun 2010) menjadi 29.1 juta jiwa pada tahun 2020; dan akan menjadi 36 juta jiwa pada tahun 2025 (Proyeksi Bappenas).

Dikabupaten Bogor Usia Harapan Hidup (UHH) selama lima tahun terakhir terus mengalami peningkatan, tahun 2012 Kabupaten Bogor sudah mencapai 69,49 tahun, sedangkan Jawa Barat mencapai 70,9 tahun. Dengan meningkatnya Usia Harapan Hidup penduduk, khususnya lansia maka konsekwensinya akan terjadi peningkatan prevalensi penyakit – penyakit degeneratif.

Penyakit degeneratif adalah penyakit yang mengiringi proses penuaan; penyakit ini terjadi seiring bertambahnya usia. Ada sekitar 50 penyakit degeneratif, diantaranya : Penyakit jantung, Diabetes, Hipertensi, Stroke dan Osteoporosis.

Dalam rangka mengantisipasi meningkatnya prevalensi penyakit – penyakit degeneratif tersebut, maka RSUD Cibinong telah membuka sebuah pelayanan Poliklinik Lansia sejak tanggal 10 mei 2014. Klinik dibuka setiap hari sabtu. Diharapkan dengan disediakannya pelayanan Poliklinik Lansia, maka kualitas hidup para lansia di Kabupaten Bogor dan sekitarnya dapat ditingkatkan.

  • DASAR HUKUM      
  • Undang – Undang Nomor 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia (Lembaran Negara Nomor.13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Lansia)
  • Undang-Undang nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan khususnya
  • Peraturan Pemerintah RI Nomor 43 Tahun 2004 tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Lansia
  • Rencana Aksi Nasional Kesejahteraan Lanjut Usia tahun 2010-2014 yang disusun dibawah koordinasi Kementerian Koordinasi Kesejahteraan Rakyat dengan lintas sektoral termasuk sektor kesehatan.
  • Untuk mendukung pelaksanaa RAN tersebut maka dibentuk Komnas Lansia dengan dasar Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 52. Tahun 2004 Tentang Komisi Nasional Lanjut Usia
  • UU NO 36 TH 2009 TENTANG KESEHATAN Pasal 138 :

1)     Upaya pemeliharaan kesehatan bagi lanjut usia harus ditujukan untuk menjaga agar tetap hidup sehat dan produktif secara sosial maupun ekonomis sesuai dengan martabat kemanusiaan.

2)     Pemerintah wajib menjamin ketersediaan pelayanan kesehatan dan memfasilitasi kelompok lanjut usia untuk dapat tetap hidup mandiri dan produktif secara sosial dan ekonomi

  • PROGRAM KESEHATAN LANSIA

a. Tujuan Umum

Meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan Lanjut Usia untuk mencapai masa tua yang bahagia dan berdayaguna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya.

b. Tujuan Khusus

  • Meningkatkan kesadaran para Lanjut Usia untuk membina sendiri kesehatannya
  • Meningkatkan kemampuan dan peranserta keluarga dan masyarakat dalam menghayati dan mengatasi kesehatan Lanjut Usia
  • Meningkatkan jenis dan jangkauan pelayanan kesehatan Lanjut Usia

Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan Lanjut Usia.

Masalah Kesehatan Lanjut Usia
(Riskesdas 20
07)

Jenis penyakit 55- 64 th 65 – 74 th > 75 th
Penyakit sendi 56,4 % 62,9 % 65,4 %
Hipertensi 53,7 % 63,5 % 67,3 %
Katarak 28,8 % 41,9 % 51,6 %
Stroke 20,2 % 31,9 % 41,7 %
Jantung 16,1 % 19,2 % 20,4 %
Gangg mental emosional 15,9 % 23,2 % 33,7 %
DM 3,7 % 3,4 % 3,2 %

 

  • KLINIK LANSIA DI RSUD CIBINONG
  • Penanganaan pasien lansia sangat kompleks sehingga dibutuhkanPelayanan Kesehatan lansia Komprehensif (preventif, promotif, kuratif, rehabilitatif dan paliatif) dengan pendekatan tim terpadu yang bekerja secara disiplin.

 

  • Tim Terpadu Geriatri di RSUD Cibinong terdiri dari
  • Dokter spesialis
  • Perawat
  • Dietisien (gizi)
  • Farmasis
  • Fisioterapis.

 

  • KLINIK LANSIA di RSUD CIBINONG mulai dibuka pada tanggal 10 Mei 2014, dan selanjutnya buka setiap hari SABTU, Pendaftaran pukul 07.00 s/d 10.00 WIB.
  • Kegiatan Pasien Lansia Di RSUD Cibinong

1. Senam Diabetes

Senam diabetes diikuti baik oleh para lansia yang menderita diabetes maupun lansia yang tidak menderita diabetes. Senam dilaksanakan seminggu sekali setiap hari sabtu mulai pukul 07.00 WIB di lapangan parker RSUD Cibinong dengan tidak dipungut biaya. Senam dipandu oleh para Edukator Diabetes RSUD Cibinong.

2. Penyuluhan Kesehatan Masyarakat

Penyuluhan kesehatan masyarakat dilaksanakan di ruang tunggu Poliklinik RSUD Cibinong, waktu pelaksanaan disesuaikan dengan kebutuhan. Penyuluhan kesehatan masyarakat dilakukan oleh Dokter Spesialis, Dokter Umum, Dokter Gigi, Ahli Gizi, Farmasi dan Perawat.

3. Konsultasi Gizi

Konsultasi Gizi adalah serangkaian kegiatan sebagai proses komunikasi dua arah untuk menanamkan dan meningkatkan pengertian, sikap dan perilaku sehingga membantu pasien mengenali dan mengatasi masalah Gizi melalui pengaturan makanan dan minum.

Konsultasi Gizi dilaksanakan di Poliklinik Konsultasi Gizi yang melayani pasien setiap hari kerja dari hari senin sampai dengan hari sabtu. Konsultasi Gizi dilayani oleh Ahli Gizi atau Dietisien.

  • PENUTUP
  • Pelayanan untuk lansia harus dilaksanakan secara komprehensif yang meliputi aspek kesehatan dan non kesehatan untuk peningkatan kualitas hidup lanjut usia, menuju active ageing.
  • RSUD Cibinong telah membuka KLINIK LANSIA mulai dibuka pada tanggal 10 Mei 2014, dan selanjutnya buka setiap hari SABTU, Pendaftaran pukul 07.00 s/d 10.00 WIB.

 

Saat ini di RSUD Cibinong telah dilaksanakan Pengembangan Pelayanan Mata dengan teknik operasi Katarak Canggih. Adapun yang dimaksud adalah telah dapat dilaksanakan operasi katarak dengan LASER dan TANPA JAHITAN dengan waktu hanya 10 menit.

RSUD Cibinong dalam hal ini Poliklinik Mata memiliki Moto :

     “Kami Peduli Penglihatan Anda”

Pelayanan operasi katarak canggih memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah :

  1. Langsung melihat tanpa kaca mata
  2. Cepat sembuh, mata tidak merah
  3. Lensa tanam buatan luar negeri (Amerika)
  4. Biaya terjangkau

Demikian informasi pengembangan pelayanan kesehatan di RSUD Cibinong untuk diketahui dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Bogor dan sekitarnya khususnya para Lansia dan Pasien dengan Gangguan Penglihatan (Katarak). (Iran G Hasibuan/Adv).

 

Tinggalkan Balasan