Pendidikan Karakter Melalui Film Sangat Disukai Anak Sekolah

SDN 1 Tegalciut saat menonton film AATS di Mopic Cinemas Lumajang.

LUMAJANG, Kamis (26/9/2019) suaraindonesia-news.com – Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) anak sekolah bisa melalui media film, hal ini seperti yang dilakukan oleh SDN 1 Tegalciut Kecamatan Klakah dan SDN 1 Pasirian Kecamatan Pasirian, dengan menonton film Ayu Anak Titipan Surga (AATS), di Mopic Cinemas Lumajang, kemarin pagi.

Sebelumnya juga ada dari SMPN 1 dan SMPN 2 Lumajang sudah menonton film AATS tersebut.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 1 Lumajang, Sujanar kepada media sempat menyampaikan kalau PPK melalui film ini sangat bagus, sebab bisa secara langsung melihat dan mendengarkan pesan tersebut.

“Pendidikan karakter ini merupakan usaha menjadikan diri manusia agar berperilaku baik atau berkeutamaan,” kata Kepala SMPN 1 Lumajang.

Oleh karena itu, kata Sujanar, pendidikan karakter diharapkan dapat membangun kinerja budaya dan religius dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa yang didalamnya bernaung insan-insan yang berakhlak mulia, mengembangkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.

“Esensi tujuan pendidikan yang sesungguhnya adalah mengembangkan karakter dan kepribadian, namun realitas penyelenggaraan pendidikan kita masih cenderung pragmatis-formalistis, dan berorientasi ”kekinian”, kepuasan sesaat dan kurang memperhatikan pembentukan karakter dan pengembangan kepribadian peserta didik secara utuh,” paparnya.

Karena keberhasilan Pendidikan Karakter itu, katanya juga tergantung banyak pihak,  diantaranya, adanya komitmen pemerintah dan masyarakat, restrukturisasi kurikulum dan peran mass media, termasuk industri perfilman Indonesia.

“Maka dari itu saya berharap film AATS ini nantinya dapat menjadi salah satu media pendidikan karakter anak-anak pelajar Kabupaten Lumajang,” ungkapnya lagi.

Kegiatan Training Center untuk Peserta Jamda di Banyuwangi, kata Sujanar juga layak disebut sebagai Pendidikan Karakter anak, yaitu Pemusatan dan Pelatihan oleh Kwarcab Lumajang.

“Ya kebetulan Ketua Kwarcabnya BOPO Taufik, dan anak kita ada 6 yang tergabung di Tim Jamda Kabupaten Lumajang,” imbuhnya.

Demikian pula disampaikan Kepala SDN 1 Tegalciut Kecamatan Klakah, Drs Puji Narwoto, kepada media ini menyampaikan kalau terkait Penguatan Pendidikan Karakter melalui film “AATS”, mengapresiasi sangat baik, mendidik.

“Terlebih buat anak didik kami, bisa menjadi suri tauladan dari tokoh Ayu tadi,” ujarnya.

Puji mempunyai harapan ke depan, agar anak didiknya akan berlomba-lomba menjadi *Ayu* yang begitu jujur, solidaritas tinggi, sosial, rukun, suka menolong, sederhana, sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 1 Pasirian juga menjelaskan bahwa untuk menanamkan pendidikan karakter pada anak sekolah, media yang paling cepat diterima dan melekat pada anak yaitu melalui visual seperti film AATS ini.

“Contoh tadi, yaitu pada saat Ayu di kejar Polisi respon anak-anak luar biasa hanyut dalam ceritanya. Dan film ini sangat bagus layak ditonton,” pungkasnya.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Marisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here