Penderita Kusta Di Pamekasan Dikunjungi Wagub Jawa Timur

Reporter: May

PAMEKASAN, Rabu (15/3/2017) suaraindonesia-news.com – Disaat sebagian besar masyarakat Indonesia mengucilkan penderita lepra atau kusta, sikap sebaliknya ditunjukkan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf yang akrab dipanggil Gus Ipul berserta Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Rombongan orang nomer dua di Jawa Tomur ini mengunjungi rumah Zainal (65) warga Jalan Trunojoyo Gg. VII Kecamatan Kota Pamekasan dan merupakan penderita kusta namun  telah sembuh. Rabu (15/3).

Saat dikonfirmasi dilokasi, Gus Ipul menyampaikan bahwa penderita penyakit kusta 23 persen ada di Jawa Timur.

“Memang ada pada setiap kabupaten, tapi terbanyak kusta ini ada di Madura dan pantura,” ungkapnya.

Apa yang dilakukan Gus Ipul terhadap Zainal mengandung pesan moral yang wajib diketahui seluruh masyarakat Indonesia khususnya Jawa timur agar masyarakat tidak mengucilkan penderita kusta.

Dalam setiap tahun, pemerintah memang berusaha untuk mengurangi dan sekaligus menekan penderita kusta agar prevalensinya terus menurun.

“Memang ditahun tertentu naik seperti tahun lalu naik, sekarang kita coba terus tekan agar menurun, malah Jawa Timur sudah punya Rumah Sakit Kusta,” kata Gus Ipul.

Saat ini Jawa Timur menargetkan dibawah satuper sepuluh ribu. Sementara itu beberapa langkah yang dilakuka Pemprov Jatim guna memenuhi target tersebut.

“Kita membagi makanan-makan, perbaikan gizi dan melakukan pengobatan, serta lingkungannya kita siapkan,” jelasnya.

“Sementara di Pamekasan sendiri penderita kusta sampai dengan saat ini tinggal 237 penderita,” ungkap Wagub Jatim.

Dalam kunjungannya kali ini Gus Ipul dan rombongan didampingi Bupati Pamekasan Achmad Syafii beserta istri dan para pejabat terkait Pemkab Pamekasan serta Kepala Bakorwil IV Pamekasan.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here