Penderita Difteri di Sampang Tertinggi se-Dunia

oleh -32 views

Sampang, Suara Indonesia-News.Com–Penderita penyakit difteri di empat Kabupaten di Madura, terhitung sejak tahun 2012 hingga 2013 cukup tinggi dan mengkhawatirkan.

Dengan tingginya penderita penyakit tersebut, membuat Madura menduduki peringkat teratas didunia. “Madura memang tertinggi penderita difterinya di didunia, yang tinggi itu terjadi pada tahun 2012 dan 2013, khususnya di Bangkalan dan Sampang,” ujar Kepala Pusat Promosi Kesehatan Kemenkes RI, Lily S. Sulistyowati.

Dia mengatakan, penderita difteri di Madura didominasi oleh Kabupaten Bangkalan dan Sampang, dimana untuk Bangkalan, pada tahun 2012 terdapat 69 penderita, sedangkan ditahun 2013 ada 76 penderita.

Sementara Kabupaten Sampang, terdapat 38 penderita di tahun 2012 dan 13 penderita pada tahun 2013.

“Untuk Pamekasan dan Sumenep meski ada penderita namun jumlahnya relatif lebih rendah,” jelasnya.

Lanjut Sulistyowati, ingginya penderita difteri di Madura diakibatkan kurang sadarnya orang tua untuk mengimunisasi anaknya. Hal ini bisa didasari salah satunya masih rendahnya taraf pendidikan.

“Guna menekan penderita difteri sendiri kami terus melakukan pendekatan dengan setiap Pemerintah Daerah, termasuk PKK agar bisa meningkatkan kesadaran warga dalam imunisasi,” pungkasnya. (yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *