Pemprov Jatim Minta Pemkot Batu Segera Memanfaatkan Bantuan DBHCT 2016

oleh
Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kota Batu, Diah Liestina

Reporter : Adi Wiyono

Kota Batu, suaraindonesia-news.com – Pemprov Jatim meminta kepada  Pemkot Batu segera memanfaatkan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) tahun 2016 totalnya mencapai Rp45.6 miliar. Dana tersebut yang dimaksud bisa digunakan  untuk membiayai proyek fisik, seperti jalan, instalasi pengelolahan limbah,  membeli obat-obatan  dan alat kesehatan

Kepala Biro Perekonomian, Pemprov Jatim Shoviatus Sholiha  saat ditemui, Senin (23/5/2016) di Balai Kota among Tani, mengatakan bahwa  aturan penggunaan DBHCT  sekarang ini tidak kaku lagi .

“Karena Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) No 28/2016 tentang pengunaan, pemanfaatan dan evaluasi DBHCT, sangat memberi kelonggaran bagi  pemerintah daerah (Pemda) untuk mengelola anggaran tersebut untuk kepentingan masyarakat,”  kata Shoviatus Sholiha

Lebih lanjut ia mengatakan, Bantuan DBHCT  tersebut bisa dipergunakan untuk membiayai proyek fisik padat karya. Misalkan membangun instalasi pengolah limbah (Ipaal) di Puskemas. Membeli obat-obatan dan alat kesehatan untuk Puskemas.

Shovia, saat berdiskusi dengan 42 Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Batu, mengatakan,  Selain bisa untuk membiayai pembangunan Ipal. Bantuan DBHCT juga bisa dipergunakan untuk pembangunan jaringan air bersih, untuk biaya peningkatan kualitas jalan.

 Termasuk membeli peralatan untuk mengangkut sampah dari rumah menuju tempat pembuangan akhir (TPA).

“Pemda sering kekurangan biaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kekurangan biaya membangun jaringan pipa. Memperbaiki sainitasi dan jalan. Bantuan DBHCT bisa dimanfaatkan untuk itu semua,” ujar Shovia.

Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kota Batu, Diah Liestina menyatakan, ada 10 SKPD yang berhak memanfaatkan DHCT. Yaitu Dinas Koperasi Perindustrian Perdangangan (Diskoperindag). Dinas Pertanian. Dinas Sosial-Tenaga Kerja.

Dinas Kesehatan, Dinas Cipta Karya dan Tataruang (CKTR), Badan Pemberdayaan Masyarakat dan  Keluarga Berencana (BPMKB). Kantor Ketahanan Pangan.

Bagian Humas, Bagian Perekonomian dan Pembangunan serta Satpol PP. “Tahun ini total DBHCT yang diterima Pemkot Batu Rp45.635 miliar. Itu sudah ditambah silpa DBHCT tahun 2015 sebesar Rp21.7 miliar,” terang Diah.

Untuk beberapa kegiatan nilainya diatas Rp200 juta. Akan diawali dengan lelang pekerjaan dulu.  Tapi Untuk rincian kegiatan yang mengetahui Kepala SKPD-nya masing-masing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *