Pemkot Probolinggo Luncurkan Core Values “BerAKHLAK” Dan Employer Branding ASN

oleh -31 views
Foto : Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin saat peluncuran Core Values “BerAKHLAK” Dan Employer Branding ASN di Puri Manggala Bhakti.

PROBOLINGGO, Selasa (12/10/2021) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kota Probolinggo meluncurkan Core Values “BerAKHLAK” dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) “Bangga Melayani Bangsa.”

BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Adanya Core Values ASN ini sebagai sari dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN. Sedangkan #banggamelayanibangsa merupakan Employer Branding ASN yang melayani sepenuh hati.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menyampaikan, peluncuran Core Values “BerAKHLAK” dan Employer Branding ASN, sekaligus deklarasi komitmen untuk bersama-sama mewujudkan apa yang menjadi harapan ASN sebagai abdi negara untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Ia menyampaikan, keluarga besar Pemerintah Kota Probolinggo berkomitmen untuk betul-betul melaksanakan apa yang menjadi harapan ASN dilingkungan Pemerintah Kota Probolinggo dengan tema Berakhlak, ujar Habib Hadi sapaan akrab wali kota Probolinggo ini saat peluncuran Core Values “BerAKHLAK” dan Employer Branding ASN di Ruang Puri Manggala Bhakti, kantor Wali Kota Probolinggo, Senin (11/10).

“Mari jadikan diri kita, di momentum yang berharga ini sebagai abdi negara untuk melakukan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Probolinggo khususnya. Ini menjadi kewajiban kita,” ungkap Habib Hadi.

Orang nomor satu di Kota berjuluk Kota Seribu Taman itu mengatakan, momen peluncuran yang berbarengan dengan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW kali ini, selaras dan seirama dengan komitmen yang diharapkan oleh pemerintah, untuk mengedepankan akhlak dan menghargai satu sama lain.

“Jadilah ASN yang mampu menunjukkan jati diri, karakter, sifat, tingkah laku untuk menjadi tauladan bagi masyarakat lainnya. ASN yang mengedepankan akhlak dan toleransi satu sama lain, untuk menunjukkan pengabdian kepada nusa, bangsa dan negara,” tegasnya.

Sementara itu, Sekda Ninik dalam laporannya menyampaikan, peluncuran nilai dasar ini adalah untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar ASN yang saat ini masih bervariasi di setiap instansi pemerintahan. Ia juga menegaskan bahwa ASN harus mempunyai orientasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Core Values ASN menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, yang tidak hanya dilakukan pada ASN tingkat pusat namun juga pada tingkat daerah, sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo “ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama.”

Dengan ditetapkannya BerAKHLAK dan Employer Branding ASN, lanjut Sekda drg Ninik, diharapkan menjadi penguat budaya kerja ASN yang professional dalam melayani masyarakat.

“Diharapkan ASN mempunyai semangat dan semboyan yang sama dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Orientasi layanan yang berkualitas dan profesional, harus dimaknai dengan baik oleh seluruh ASN. ASN harus bisa mendobrak dan menghapus stigma negatif masyarakat,” katanya.

Ninik menambahkan, maksud dilakukannya giat ini adalah sebagai akselerasi transformasi ASN dalam rangka penguatan budaya kerja untuk meningkatkan pembangunan kapasitas dan kompetensi SDM ke arah yang lebih professional serta mampu beradaptasi terhadap perubahan.

Adapun tujuannya, jelasnya, melaksanakan komitmen seluruh kepala perangkat daerah terhadap implementasi core values dan employer branding ASN Pemkot Probolinggo agar menjadi pondasi budaya kerja yang lebih baik dalam melaksanakan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.

Reporter : S.Widjnarko
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *