Pemkot Probolinggo Buka Penerimaan Relawan Penanganan Covid-19

oleh -116 views
Foto : Pemkot Probolinggo buka seleksi penerimaan tenaga relawan penanganan Covid-19.

PROBOLINGGO, Sabtu (21/8/2021) suaraindonesia-news.com – Sebagai upaya penanggulangan Covid-19 di Kota Probolinggo, pemerintah setempat membuka seleksi penerimaan relawan untuk penanganan Covid-19. Hal ini diperlukan mengingat jumlah tenaga kesehatan dan tenaga penunjang lainnya jumlahnya masih terbatas.

Seleksi penerimaan relawan ini berdasarkan pengumuman nomor : 440/ 2449/425.102/2021 tentang Seleksi Penerimaan Relawan Tenaga Kesehatan dan Tenaga Penunjang Lainnya dalam rangka penanganan Covid-19 di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo tahun 2021.

Seperti dijelaskan oleh Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinkes P2KB, Triana, bahwa pelamar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), diutamakan berdomisili Kota Probolinggo. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan jika hal itu belum memenuhi kebutuhan seleksi, warga luar Kota Probolinggo pun dapat mendaftar.

Triana selaku Sekretaris Tim Relawan Covid-19 Kota Probolinggo mengatakan relawan nantinya bersedia ditempatkan di gedung isolasi Covid-19. Pada Perpres disampaikan bahwa isoman (isolasi mandiri) dibawa ke isoter (isolasi terpusat) agar terdapat pengawasan yang lebih intens dari tenaga kesehatan.

“Kalau ada apa-apa tidak terlambat penanganannya. Jika ada gejala berat, cepat dilakukan tindakannya sehingga angka kematian bisa berkurang,” ungkap Triana.

Dia jelaskan, pendaftaran relawan dimulai bulan Agutus dan masa kontrak kerja selama empat bulan itu, yakni September sampai dengan Desember 2021, dapat diperpanjang masa kontraknya apabila masih dibutuhkan.

“Dapat dilanjutkan (kontraknya) tanpa harus membuat lamaran kerja lagi. Tergantung dengan formasi anggaran dan pasien Covid-19 sudah melandai,” terangnya.

Terkait dengan besaran insentif per bulan, Triana menjelaskan awal tahun 2020 aturan Kemenkes tentang insentif tenaga kesehatan. Dari aturan Kemenkes itu dibuat perwali tentang tenaga kesehatan dan tenaga penunjang lainnya untuk tingkat Kota Probolinggo.

Triana menambahkan bahwa seleksi ini berdasarkan usulan yang sudah dirapatkan dengan internal, baik Puskesmas, rumah sakit dan lain-lain.

“Sampai saat ini masih belum ada kendala, sambil di perjalanan proses seleksi, baik pria maupun wanita tidak ada batasan yang mengikat. Siapa saja boleh mendaftar asalkan sesuai dengan persyaratan yang berlaku,” katanya.

Ia berharap dengan adanya seleksi relawan Covid-19 ini bisa mendapatkan tenaga kerja yang memang berkomitmen bisa membantu Dinas Kesehatan P2KB dalam pengendalian pasien Covid-19 sehingga dapat berjalan dengan baik.

Tertarik menjadi relawan penanganan Covid 19 untuk Kota Probolinggo? Silakan daftar di https://dinkesp2kb.probolinggokota.go.id/info/seleksi-penerimaan-relawan-covid-19-kota-probolinggo/

Reporter : S.Widjanarko
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *