Pemkot Langsa Telah Berusia 13 Tahun

oleh -37 Dilihat

Langsa, Suara Indonesia-News.Com – Upacara Peringatan HUT Kota Langsa ke 13 tahu 2014 tetap berjalan lancar. Upacara tersebut langsung dipimpin Walikota Langsa, Usman Abdullah,SE, di Lapangan Merdekan Langsa. Jumat (17/10).

Upacara tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Langsa, Drs.Marzuki Hamid,MM, Dandim 0104 Aceh Timur, Letkol.Inf.Mahesa Fitriadi, Wakapolres Langsa, Kompol.Hadi Saeful Rahman, Kajari Langsa, R.Miftahol Arifin,SH, Ketua Pengadilan Negeri Langsa, Ismail Hidayat, Kabag Sosial dan Kesra Pemko Langsa Fahriansyah SH dan sejumlah SKPK dan ratusan PNS.

Walikota Langsa, menyampaikan, selaku pimpinan daerah tentunya sangat merasakan hambatan-hambatan yang paling dominan adalah kesadaran dan rasa memiliki warga kota ini terhadap kotanya masih cukup rendah yang tercermin dari sikap kurang peduli terhdap kebersihan, ketertiban, keamanan dan keindahan kota. Seperti, membuang sampah sembarangan termasuk di parit dan bahu jalan, menebangi tanaman perindah jalan tanpa izin dan pencurian tanaman hias di taman-taman pinggir jalan.

Untuj mengatasi hambatan tersebut Pemerintah Kota Langsa telah membuat berbagai terobosan seperti menggalakan budaya gotong royong yang melibatkan seluruh PNS dan masyarakat, lomba gampong bersih, memberikan bantuan becak sampah untuk pengolahan sampah berbasis komunitas, penyediaan bibit tanaman serta sosialisasi budaya hidup bersih dan sehat ke gampong-gampong maupun sekolah-sekolah.

Berbagai hambatan dan tantangab tersebut hendaknya membuat kita semakin termotifasi untuk berpikir dan bekerja lebih keras lagi bagi kemajuan pembangunan di Kota Langsa yang kita cintai ini. Jangan pernah surut langkah atau gentar karena kemajuan atau kemenangan hanya akan diperoleh oleh kaum pemberani. Kami berharap prakarsa atau ide-ide kreatif terus tumbuh di tengah masyarakat maupun aparatur pemerintah.

Karenanya, pada kesempatan ini kami tentunya sangat mendukung tumbuh dan berkembangnya ide kreatif warga, kami jajaran Pemko Langsa mencoba memfasilitasi dengan membangun berbagai macam ruang publik agar warga dapat mengekspresikan daya cipta, rasa dan karsanya.

Selain revitalisasi taman-taman kota yang sudah ada, Pemko Langsa juga sedang membangun wisata hutan manggrove di Kuala Langsa, taman hutan raya di Paya Bujuk Seulemak, waduk Alue Gampu di Suka Rakyat dan revitalisasi gedung juang sebagai museum kota, selain itu juga kita sedang merancang ruang terbuka hijau di Gampong Alue Dua.

Sementara itu, untuk kita ketahui bersama bahwa sejak dua tahun kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Langsa, Usman Abdullah,SE dan Drs.Marzuki Hamid,MM, Pemko Langsa telah meraih beberapa prestasi yakni penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan RI tahun 2014, KP2T mendapat penghargaan 10 besar dari seluruh Indonesia sebagai Pelayanan Terpadu Satu Pintu Penanaman Modal (PTSP-PM) tahun 2013, memperoleh hibah tanah seluas 50 hektar dari PT.Timbang Langsa untuk kawasan industri.

Kemudian, putra putri Kota Langsa mewakili Provinsi Aceh sebagai peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan Gita Bahana Nusantara (GBN) di istana negara pada HUT Kemerdekaan RI ke 69 tahun 2014, meraih peringkat I tingkat nasional pelaporan rencana aksi daerah penanggulangan dan pencegahan korupsi tahun 2014, meraih peringkat I tingkat nasional rencana pembangunan dan pengembangan perumahan dan kawasan pemukiman tahun 2014 serta penghargaan sertifikasi Adipura juara 2 se Aceh tahun 2014.

Reporter : Rusdi Hanafiah

Tinggalkan Balasan