Pemkab Sumenep Siapkan Layanan Swab Tes

oleh -28 views
Bupati Sumenep, KH. A. Busyro Karim saat menghadiri acara peresmian Kampung Tangguh.

SUMENEP, Kamis (16/7) suaraindonesia-news.com – Kondisi ditengah pandemi seperti saat ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur. Memberikan layanan yang mudah terhadap masyarakat dengan cara menyediakan pelayanan pengambilan swab, dan merupakan bentuk pemerintah dalam memudahkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Pemkab Sumenep melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) memprogramkan pelatihan pengambilan swab kepada petugas medis Puskesmas, supaya layanan kesehatan di kecamatan bisa melakukan swab kepada masyarakat,” kata Bupati Sumenep, KH. A. Busyro Karim saat menghadiri peresmian Kampung Tangguh Covid-19, Kamis (16/7).

Dalam kodisi merupakan cara mudah apabila seluruh Puskesmas di Kabupaten Sumenep bisa melakukan pengambilan swab. Hal itu bisa meminimalisir beban kerja di Labkesda Kabupaten Sumenep.

“Puskesmas Kecamatan Pasongsongan, untuk saat ini yang bisa melakukan pengambilan swab, sehingga Dinkes mulai besok, segera memberikan pelatihan petugas medis di Puskesmas,” jelasnya.

Tambah Buya, menambah layanan SDM petugas medis di Puskesmas, merupakan salah satu upaya pemerintah menjaga kesehatan masyarakat. Selain itu, untuk kedepan bisa diprogramkan pengadaan peralatan swab.

“Termasuk rencana membeli mobil yang mampu melakukan tes swab virus corona (Covid-19) dan memiliki laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR). Dengan adanya itu, kita tidak perlu berlama-lama menunggu hasilnya yakni biasanya 10 hari atau lebih,” paparnya.

Pemkab Sumenep merencanakan akan menyiapkan pelayanan pengambilan tes swab di Puskesmas dan mobil PCR, sesuai pedoman Covid-19.

“Agar pencegahan dan pengendalian Covid-19 bisa dilakukan mulai tingkat bawah atau desa dengan membentuk Kampung Tangguh,” tandasnya.

Reporter : Dayat
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *