Pemkab Sumenep Imbau Perusahaan Bayar THR Sebelum H-7 Lebaran

oleh -139 Dilihat
Foto: ilustrasi uang tunjangan hari raya atau THR (source: google)

SUMENEP, Sabtu (16/04/2022) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep mengimbau pengusaha di Kota Keris untuk membayar tunjangan hari raya (THR) karyawan tujuh hari sebelum memasuki lebaran Idul Fitri.

Pembayaran THR ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan RI nomor M/1/HK.04/IV/2022 tentang pelaksanaan pemberian THR keagamaan tahun 2022 bagi pekerja atau buruh di perusahaan.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Kabupaten Sumenep, Abd. Rahman Riadi mengaku telah menghimbau terhadap 562 perusahaan yang ada di Sumenep untuk membayar THR karyawannya.

“Sudah kami beri surat himbauan terkait surat edaran Menaker RI tentang pelaksanaan pemberian THR bagi pekerja buruh di perusahaan,” ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (16/04/2022).

Rahman meminta pengusaha atau perusahaan yang ada di kabupaten ujung timur Pulau Madura tidak bandel untuk tidak membayarkan THR karyawan.

“Mudah-mudahan perusahaan tersebut bisa mematuhi dan menindak lanjuti surat edaran tersebut,” katanya.

Sayangnya, mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep ini tak menyebutkan, sanksi apa yang akan diberikan bagi perusahaan yang melanggar ketentuan tersebut.

Sementara, bagi perusahaan yang mampu membayar THR namun masih belum mengikuti ketentuan yang tertuang dalam surat edaran tersebut, nantinya akan mendapat teguran secara tertulis.

“Kita juga melihat kondisi perusahaan yang ada. Tidak semua perusahaan memiliki kapasitas atau kemampuan untuk membayar THR sesuai surat edaran, seperti toko kelontong atau perusahaan lain yang omsetnya tidak besar. Dan banyak juga perusahaan yang menggaji karyawan di bawah UMR,” jelasnya.

Bagi karyawan atau pekerja yang belum menerima THR sebelum H-7 lebaran dapat melaporkan perusahaannya ke posko pengaduan yang telah disediakan DPMPTSP & Naker Sumenep.

“Kami menyediakan posko pengaduan terkait pembayaran THR bagi perusahaan. Mana kala ada karyawan perusahaan di Kabupaten Sumenep yang mungkin ingin mengadukan masalah THR,” pungkasnya.

Reporter : Sya
Editor : Redaksi
Publisher : Ipul

Tinggalkan Balasan