Pemkab Sumenep Akan Gelar Musik Tong Tong se Madura

SUMENEP, Rabu (23/10/2019) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, melalui Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), akan menggelar festival musik tong-tong se Madura, sebagai rangkaian kegiatan menyambut Hari Jadi Sumenep ke-750.

Kepala Disparbudpora Sumenep, Carto mengatakan, Festival Musik Tong-tong digelar sebagai rangkaian memeriahkan hari jadi kabupaten Sumenep ke 750.

“Ini untuk memeriahkan Hari Jadi Sumenep yang ke 750, lomba musik tong tong dibatasi hanya 30 peserta dari dalam maupun luar kabupaten,” terang Carto, Rabu (23/10/2019).

Namun, peserta musik tradisional ini ternyata membludak, sehingga panitia harus menutup pendaftaran sebelum waktu yang ditentukan.

“Pada tanggal 13 Oktober 2019 kemarin belum berakhir, namun kuota peserta sudah penuh. Kendati begitu, meski banyak yang tidak kebagian tiket tetap bisa tampil, hanya saja tidak akan masuk dalam penilaian juri atau peserta di luar. Yang 30 peserta itu tidak dapat nilai,” imbuhnya.

Lebih lanjut, mantan Asisten Pemerintahan Setkab Sumenep itu menjelaskan, pelaksanaan Festival ini dipastikan akan berbeda dengan tahun sebelumnya.

Secara teknis akan dilaksanakan pada malam hari, namun yang berbeda untuk tempat penonton umum baik warga ataupun pendatang dari luar sama-sama bisa dapat kursi dengan cara membeli kepada panitia.

“Hal itu dilakukan agar masyarakat dan pengunjung diberi kesempatan yang sama untuk menonton festival musik tong-tong lebih dekat, agar tidak menoton seperti tahun sebelumnya, yang duduk dikursi hanya pejabat saja,” tegasnya.

Untuk diketahui, Dari sisi penilaian, lanjut Carto, ada tiga kategori yang masuk penilaian dalam festival musik tong-tong, pertama dari segi musik, hiasan kereta dan bunyi tong-tongnya.

Reporter : Halis
Editor : Amin
Publisher :Mariza


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here