Pemkab Jember Gelar Sosialisasi Untuk Sinkronisasi Data PMKS

oleh -132 views
Bupati Faida saat memberikan sosialisasi di Aula pemkab Jember. Foto/ Eko Riswanto

JEMBER, (23/11/2018) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten Jember menggelar sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT). Jumat (23/11/2018) siang  di aula Pemkab setempat.

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam penanganan kemiskinan di Kabupaten Jember, serta sinkronisasi data antara daerah dengan pusat.

Dalam sosialusasi tersebut, dihadiri oleh seluruh kepala desa, serta camat se- Kabupaten Jember, juga pekerja sosial yang bertugas di wilayah Jember.

Dalam kesempatan itu, Bupati Jember dr.Hj. Faida MMR menjelaskan, bahwa sampai saat ini masih didapatkan permasalahan tentang data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang belum maksimal  dalam BDT (Basis Data Terpadu).

“Masalah yang dikeluhkan bertahun-tahun, seperti data yang belum masuk BDT. Maka hari ini kita menyamakan persepsi serta mensinkronkan data dengan Pemerintah pusat,” jelas Bupati Faida.

Baca Juga: Bupati Faida Sebut Reforma Agraria Jadi Pendongkrak Ekonomi

Untuk itu, Bupati Faida menyiapkan bantuan non tunai lebih dari kouta yang ada, tujuannya adalah untuk mengantisipasi masyarakat yang belum ter kover dalam BDT.

“Saat ini, Pemkab Jember telah menyiapkan Rastrada dengan kuota lebih 8.000 penerima manfaat yang dimungkinkan tidak masuk dalam BDT, maka penyelesaiannya dengan memasukkan dalam data program Rastrada,” tuturnya.

Terkait Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT), Bupati menjelaskan, Jember telah mengembankan sistem pada tahun ini. Bukan hanya di tiga rumah sakit daerah, tetapi juga ada di beberapa Desa sebagai uji coba dan percontohan.

SLRT menjadi sistem yang bertujuan untuk mempercepat akses layanan sosial dan menyederhanakan layanan rujukan sosial.

”Kita coba di beberapa Desa tertentu. Terdapat 20 tempat layanan yang sudah berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Reporter : Eko Riswanto
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan