Pemkab Aceh Timur Sambut Kunker Dirjen PSP Kementrian RI

oleh -9 views

Suara Indonesia-News.Com, Aceh Timur – Sekda Aceh Timur M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP menyambut kedatangan Kunjungan Kerja (Kunker) Direktur Jendral (Dirjen) Kementerian Pertanian RI, DR. Ir. Sumardjo Gatot Irianto, MS.DAA, Jumat (13/2) sore. Tim disambut di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Timur di Idi.

Dalam pertemuan itu, Sekda M. Ikhsan Ahyat didampingi para Kepala Dinas (Kadis) seperti Kepala Badan Penyuluh (Bapeluh) Lukman, Kepala Badan Pusat Statistik dan Sekretaris Dinas Pertanian serta Kasdim 0104 Aceh Timur Mayor Rachmad. Dirjen PSP Kementan RI juga didampingi Kedis Pertanian dan Tanaman Pangan, Ir. Lukman Yusuf, M.Si dan Sekretaris Dirjen PSP Kemantan RI.

Di dalam pertemuan itu, Dirjen PSP menegaskan, untuk mencapai target Upaya Khusus (Upsus) Ditjen PSP Kementan RI berupaya untuk memanfaatkan waktu semaksimal mungkin, karena tanaman pangan fungsinya adalah watu. “Kedua adalah fungsi yang harus dimaksimalkan adalah ketersediaan air,” kata Irianto.

Ditambahkannya, selanjutnya yang terpenting lagi adalah fungsi sinergisitas dan dukungan TNI, pertanian hingga ke tingkat penyuluh dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga ke tingkat pusat.

“Dan yang harus dilakukan lagi secara bersama-sama adalah memanfaatkan sumber daya yang tersedia, sehingga padi ini benar-benar berdaulat di Indonesia,” kata Irianto.

Sekda Aceh Timur M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP selanjutnya mendampingi Tim Ditjen PSP meninjau lahan sawah yang tanaman padinya sudah menguning di Desa Alue Bugeng, kecamatan Peureulak Timur.

Disana, Dirjen PSP melihat langsung potensi Aceh Timur di bidang pertanian dan mewawancarai sejulah petani sawah berkaitan dengan keluhan selama ini dibidang air yang sulit diperoleh para petani, seban sungai yang ada disana debit airnya sangat sedikit dan mayoritas petani sawah disana mengandalkan sumber air hujan.(Rusdi Hanafiah).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *