Pemkab Abdya Tetapkan Meugang Idul Fitri 1442 H Di Hari Rabu 12 Mei 2021

oleh -53 views
Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim, SH.

ABDYA, Senin (10/5/2021) suaraindonesia-news.com – Terkait pelaksanaan hari meugang Idul Fitri 1442 H. Pemkab Aceh Barat Daya (Abdya) menetapkan pada hari Rabu tanggal 12 Mei 2021.

Mengingat situasi Pandemi Covid-19 yang masih belum stabil, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), keluarkan surat himbauan diminta kepada seluruh Camat di wilayah masing masing agar aktivitas pemotongan dan penjualan daging meugang di pantee Krueng Beukah Keude Siblah Kecamatan Blangpidie dan dilapangan bola kaki Seunelop Kecamatan Manggeng ditiadakan/ditutup.

Selain itu, bagi masyarakat atau pedagang yang melakukan pemotongan dapat dilaksanakan di lingkungan Gampong (Desa) masing- masing.

Pemkab Abdya juga menganjurkan agar titik lokasi pemotongan dan penjualan daging meugang dilakukan ditempat yang aman, bersih, dan tidak mengganggu arus lalu lintas serta tidak bergabung satu pedagang dengan pedagang lain guna menghindari kerumunan orang yang membeli daging.

Dalam surat itu juga disebutkan, bahwa ternak yang akan dipotong harus sehat dan bebas dari penyakit menular yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang dikeluarkan oleh dinas terkait. Pemkab Abdya juga tidak mebenarkan memasukkan daging segar atau daging beku dari wilayah lain selain ternak yang dipotong di Abdya.

Bagi masyarakat yang ingin membeli daging meugang, diharapkan selektif dan memperhatikan kualitas daging atau menanyakan SKKH ternak yang dijual.

Lebih lanjut, Imbauan tersebut ditanda tangan langsung oleh Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 dan status kedaruratan kesehatan masyarakat Abdya.

Dasar surat edaran Bupati Abdya Nomor 450/555/2021 itu merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang pembatasan sosial berskala besar dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Ditambah dengan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat Corona Virus Disease 2019.

Untuk demikian, pelaksanaan hari Raya Idul Fitri, Pemkab Abdya tetap berpedoman pada keputusan Pemerintah RI dalam hal ini Kementerian Agama.

Reporter : Nazli
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *