Pemkab Abdya, Siap Cairkan Dana Desa Tahap II

Kepala BPM,PP dan KS Abdya, Edi Darmawan

Reporter : Nazli Md.

Blangpidie-Abdya, Minggu 9/10/2016 (suaraindonesia-news.com) – Anggaran  desa tahap II di kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dalam waktu dekat akan dicairkan ke desa-desa yang sudah siap dengan laporan pertanggung jawaban pada semester pertama serta syarat lain yang dibutuhkan sesuai dengan aturan.

“Sampai saat ini, sudah 18 desa dalam di sembilan kecamatan telah menyerahkan laporannya, bagi desa yang sudah memenuhi syarat telah kita ajukan,” kata Kepala BPM,PP dan KS Abdya, Edi Darmawan, kepada Wartawan suaraindonesia-news.com.

Ia  juga menerangkan, dari 132 desa hanya 18 desa yang telah menyerahkan laporannya diantaranya, Desa Suak Labu Kecamatan Tangan-Tangan, Desa Alue Rambot Kecamatan Lembah Sabil, Desa Pisang Kecamatan Setia, Desa padang Sikabu kecamatan Kuala Batee.

Edi Darmawan mengatakan, dana desa yang segera dicairkan dalam waktu dekat ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebanyak 40 persen sedangkan dari APBK sebesar 50 persen, jika ditinjau dari hasil pekerjaan pada setiap desa rata-rata sudah mencapai 90 persen, artinya desa tinggal mengerjakan finising saja.

Namun demikian terlambatnya, proses laporan yang disiapkan pada setiap gampong dikarenakan proses pembayaran pajak online yang dilakukan terlambat.

Disamping itu tambah Edi, untuk percepatan laporan pihaknya sudah menegaskan kepada semua pendamping desa supaya meningkatkan pendampingan di desa untuk percepatan cairnya anggaran tahap II.

“Saya harap  keseriusan semua pihak yang terkait dalam  hal ini, agar terus mamacu pekerjaan persiapan laporan, supaya anggaran tahap II segera dapat dicairkan,sehingga nantinya tidak ada anggaran yang disilva  kan dan bermasaalah  untuk anggaran tahun berikutnya,”unggkap Edi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here