Pemkab Abdya Salurkan Raskin Gratis, Sesuai Data BPS

Foto : Ilustrasi
Suara Indonesia-News.Com, Blangpidie Aceh Barat Daya – Untuk Meningkatkan Ketahanan pangan dan Memberikan Perlindungan Sosial pada Rumah Tangga Sasaran (RTS) Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Salurkan  12.587 ton Raskin, diseluruh Kecamatan dalam wilayah Breuh Sigupai pada tahun 2015. Jumat (27/2015).
 
Amatan sejumlah wartawan dilapangan dalam Penyaluran Raskin pada masyarakat Pemerintah Daerah melalui bagian Kesra dan Ekonomi Sekdakab tetap mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2011. Ironisnya, pada tahunsebelumnya sempat beredar kabar dikalangan Masyarakat ramai baik masyarakat yang berada dipesisiran maupun yang berada tingkat menenggah, untuk tahun 2015 ini Program raskin akan bertambah, dengan catatan melakukan pendataan ulang oleh intansi terkait ternyata tidak ada responitas dari Tim Nasional Percepatan Penangulangan Kemiskinan (TNP2K) Pusat.
 
Sementara itu Bagian Kesra dan Ekonomi Sekdakab Abdya Zakaria S.Pd saat ditemui sejumlah wartawan diruang kerjanya mengatkan, dalam Penyaluran Raskin Tahun 2015 ini kita tetap berpedoman pada pendataan BPS tahun 2011. Terkait ada kabar yang beredar dikalangan masyarakat, kuota untuk tahun ini ada penambahan atau pendataan ulang sementara waktu tidak ada. Dan bila ada perobahan kita dari sekdakab tetap menyurati para camat dan keuchik dikecamatan.
 
“itu hanya propokasi yang dikembangkan oleh orang-orang yang tidak mengetahui persoalan. Yang  jelas, bila ada perubahan tetap disurati para camat dan keuchik digampong”.
 
Dalam hal tersebut pemerintah daerah juga  tidak tinggal diam, dan  tetap  berupaya memperjuangkan tambahan data penerima dengan mengusul permohonan kepusat melalui Tim Nasional  Percepatan Penangulangan Kemiskinan Pusat (TN2K). Ungkapnya
 
Himbau….nya.
Pada saat pembagian beras kepada warga penerima jangan ada pengutipan uang, sebab itu sudah tangung jawab pemerintah daerah, dari titik distribusi ke titik pembagian semua biaya sudah dibayar oleh pemkab. Dalam program raskin gratis pada tahun 2015 ini juga camat dan para keuchik merupakan tim raskin.
 
Lanjutnya, Apabila tercantum penerima raskin dalam data namun yang bersangkutan sudah pindah tempat, termasuk juga disebabkan meninggal dunia. Maka diperbolehkan untuk memasuki nama yang lain sesuai dengan kondisi berhak atau tidaknya dia menerima, Itu sudah sesuai dengan pedoman umum tentang petunjuk raskin. jelasnya Zakaria.(N).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here