Pemkab Abdya Menunggak Pembayaran PJU, PLN Padamkan Penerangan Pusat Kota Blangpidie

Salah satu lampu jalan di pusat Kota Blangpdie tidak berfungsi, akibat tunggakan pembayaran

Blangpidie, Suara Indonesia-News.Com – Tiga bulan berturut-turut terjadi penunggakan pembayaran  penerangan jalan umum (PJU), Perusahaan Listrik Negara (PLN) mematikan Penerangan dipusat kota blangpidie,dan setiap kecamatan. Hal ini dilakukan karena Pemerintah   aceh barat daya (Abdya) belum juga membayar tunggakan PJU senilai lebih kurang  Rp 1 miliar. Lalu ancaman itu pun menjadi nyata. PLN memenuhi janjinya, memadamkan lampu PJU. Sabtu (26/9/2015).

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Abdya Drs.Ikhsan saat dikonfirmasi via henpon selulernya mengatakan,terkait dengan pemadaman lampu penerangan jalan umum diseputar pusat kota blangpidie serta di kecamatan, kita sudah negosiasi sebelumnya dengan manajer PLN rayon Blangpidie untuk tidak dilakukan pemadaman lampu-lampu yang berada dijalan nasional.

Ia menambahkan, upaya sudah kita lakukan, bahkan sudak duduk dengan pimpinan manajer PLN rayon Blangpidie insyaallah bulan desember ini siap dilunasi, namun hal itu tergantung juga dari  kebijakan mereka untuk menghidupan kembali.

Namun hal itu tidak menuai hasil ancaman memadamkan lampu penerangan jalan umum tetap dilakukan, dengan alasan sudah tiga bulan tertunggak yakni Juli, Agustus, September, Pemkab melalui Dinas terkait tetap berupaya melakukan pembayaran selama tiga bulan dan akan pada APBK-P tahun ini, sementara anggaran yang plot tinggal diparipurnakan oleh DPRK, terang Ikhsan

Sementara itu Ketua DPRK Abdya Tgk. Zulkifli saat ditemui sejumlah wartawan mengatakan, seharusnya Dinas terkait sebelum dilakukan pemadaman oleh pihak PLN terlebih dahulu dilakukan negosiasi, “Dan jangan seperti ini” apalagi saat ini menjelang hari raya Idul Adha, biarpun sudah tertunggak pembayaranya, setidaknya kan bisa dikasih solusi, sungguh tak etis jika lampu-lampu dijalan raya dimatikan sehingga terkesan seperti kota mati (gelap, red). Tegasnya.

“Kita berharap kepada Dinas terkait agar lampu penerang jalan raya umum baik dipusat kota maupun dikecamatan segera hidupkan seperti biasanya,” Ucapnya. (N)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here