Pemkab Abdya Gelar Musrembang di Kecamatan Jeumpa

oleh -44 views
Plt Sekda Abdya Drs. Thamrin

Reporter : Nazli MD

Abdya, Rabu (22/02/2017) suaraindonesianews.com – Pemerintah Aceh Barat Daya (Abdya) mulai menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan atau Musrenbang disetiap kecamatan. Acara rutinitas setiap tahunnya diawali di Kecamatan Jeumpa.

Bupati Abdya yang diwakili oleh Plt, Sekda abdya Drs, Thamrin dalam sambutannya mengatakan Sudah menjadi kewajiban bagi setiap daerah untuk menyusun dan menentukan kerangka pembangunan dengan cara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) terutama dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) yang merupakan rencana pembangunan tahunan daerah.

Hal ini merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

“Selain bertujuan untuk menampung aspirasi, masukan, ide dan pemikiran yang konstruktif dari seluruh lapisan masyarakat di kecamatan. Juga akan diselaraskan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan yang sedang disusun oleh Pemerintah Kabupaten,” katanya.

Selanjutnya dengan program-program pembangunan yang telah direncanakan bersama diharapkan dapat terlaksana secara berkelanjutan.

“Untuk itu kami berharap di masa yang akan datang, kerja keras kita semua guna perbaikan-perbaikan ke depan, dengan menitik beratkan pada seluruh sektor pembangunan, mulai dari tingkat Gampong, Kecamatan hingga Kabupaten,” pungkas Thamrin.

Sementara itu, Camat kecamatan jeumpa Teuku Nasrul SKM dalam laporannya mengatakan Pelaksanaan Mursembang tingkat kecamatan merupakan upaya menyatukan persepsi untuk membangunan pembangunan yang diperioritas dalam setiap Desa yang ada di kecamatan.

Nasrul menambahkan, Musrenbang tingkat Kecamatan tidak semata-mata menyepakati usulan prioritas pembangunan yang diusulkan dari Musrendes tingkat Desa atau gampong, akan tetapi untuk menghasilkan program prioritas kegiatan yang menjadi urusan pihak pemerintah Kabupaten. Demikian ucap singkatnya.

Pembukaan musyawarah (Musrembang) di Kecamatan Jeumpa turut dihadiri Plt. Sekda abdya Drs. Thamrin, Asisten admistrasi pemkab Drs. Yafrizal, Bappeda, kepala dinas, badan, kantor, Muspika kecamatan jeumpa dan para ulama, para keucik dan aparatur desa serta undangan lainnya, dan acara dilaksanakan di Aula Kantor Camat Setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *