Pemkab Abdya Adakan Musyawarah Turun Kesawah TM II Rendengan 2015

Kepala Distannak Abdya, Maswadi SP.M. Pd

Blangpidie, Abdya, Suara Indonesia-News.Com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Dinas Pertanian dan Pertenakan (Distannak) Kabupaten setempat kembali mengadakankan musyawarah turun kesawah masa tanam (MT) II/Rendengan Tahun 2015 di Aula Gedung Pertemuan Kecamatan Susoh. Kamis (22/10).

Acara yang dibuka wakil bupati Abdya, Erwanto SE.MA tersebut ikut dihadiri Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Setdakab Abdya, Dandim 0110, staf ahli bidang pertanian, kepala BP4K Abdya, para camat, babinsa, mantri tani, hob keujren, keujren cik serta ratusan petani se-Kabupaten Abdya lainnya.

Kepala Distannak Abdya, Maswadi SP.MPd dalam laporannya menyampaikan, menghadapi musim TM II (Musim Rendengan) tahun 2015 perlu dilakukan musyawarah turun kesawah demi tercapainya tanam serentak di Kabupaten Abdya.

”Kegiatan ini untuk mencari kata sepakat untuk memulai penanaman padi secara serenta,”sebutnya.

Selain musyawarah, lanjut Maswadi, Pemerintah Kabupaten Abdya dalam upaya mensukseskan turun keswah dan tercapainya serentak tanam juga telah mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan petani, diantaranya, sarana produksi benih padi, sarana pengolahan tanah berupa traktor dan hand traktor dengan kondisi siap pakai.

Lebih lanjut, Maswadi juga melaporkan, saat ini rata-rata produksi pada sementara secara nasional sampai tahun 2015 adalah berkisar 5,4 ton per hektar. Sementara rata-rata produksi di Provinsi Aceh mencapai 5,3 ton perhektarnya.

”Namun hasil produksi pada GKP Abdya tahun 2015 MT 1 Gadu melebihi rata-rata nasional dan provinsi yakni 7.5 ton perhektar,”ungkapnya.

Sementara itu, wakil bupati Abdya, Erwanto dalam sambutan pembukaannya menyebutkan, Pemkab Abdya malalui Distannak Abdya akan terus meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat pendesaan. Menurutnya, potensi alam disektor pertanian ini tersedia sangat luas meliputi sebagaian besar wilayah Abdya.

“Selain itu, sektor pertanian juga berperan dalam penyerapan tenaga kerja, penggerak ekonomi terutama dipendesaan. Peranan yang penting dan strategis dalam tercapainya ketahanan pangan nasional,”sebut Erwanto.

Menghadapi musim tanam rendengan ini, lanjut Erwanto, Pemkab Abdya melalui Distannak telah merancang kegiatan tanam serentak, yang pada hari ini, Kamis (22/10) akan diputuskan kesepakatannya.

”Untuk itu saya berharap kita semua dapat bermusyawarah untuk mendukung program tanam serentak ini,”pungkasnya.(N).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here